Jawaban PSSI soal Kabar Naturalisasi 5 Pemain Muda Brasil Thiago Apolinario Pereira dan Maike Henrique De Lima. (Media Persija)

MerahPutih.com - Beredar kabar bahwa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menaturalisasi 5 pemain muda asal Brasil agar bisa memperkuat timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dengan tegas membantah isu tersebut. Menurutnya, kedatangan sejumlah pemain asing dari Brasil ke klub Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United murni kebutuhan klub Liga 1.

Baca Juga

Madura United Merespons Kabar Proyek Naturalisasi Pemain Muda Asal Brasil

Seperti diketahui, ada lima pemain asal Negeri Samba yang sedang mengikuti latihan di Singo Edan dan Macan Kemayoran. Mereka adalah Henrique Bartoli, Hugo Guilherme, Thiago Apolina Pereira, Maike Henrique Irine De Lima serta Robert Junior Rodrigues Santos yang baru bergabung ke Madura United.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” ujar Indra dilaman resmi PSSI, Jumat (21/8)

Dirtek PSSI, Indra Sjafri

Lebih lanjut, mantan pelatih Bali United itu menegaskan bahwa saat ini timnas U-19 sedang fokus melakukan TC di Jakarta sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 bulan Oktober 2020 di Uzbekistan.

"Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala AFC U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberikan berbagai menu latihan kepada pemain. Selanjutnya sebelum ke Piala AFC U-19 di Uzbekistan, kami akan melaksanakan TC di luar negeri terlebih dahulu," sambungnya.

Indra juga menjelaskan bahwa belum ada pembicaraan terkait dengan naturalisasi. Saat ini manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong masih ingin mencari pemain keturunan yang sudah memiliki paspor Indonesia.

Baca Juga

Kabar Naturalisasi Pemain Muda Brasil untuk Piala Dunia U-20 Menguat, Aturan FIFA Bisa Menjegal

"Sampai saat ini belum ada pembicaraan Shin dengan saya selaku dirtek dan saya belum ada komunikasi soal naturalisasi ke PSSI. Jadi kalau ada pertanyaan pemain yang datang ya kita PSSI gak bisa kontrol itu," ujar Indra Sjafri.

"Jadi tidak mungkin kita memanggil pemain yang statusnya belum jelas. Kita pun punya pengalaman pahit ada regulasi FIFA yg harus kita patuhi jadi tidak bisa sembarangan. Tapi memang ada niat dari federasi membangun timnas sebaik mungkin tapi dengan cara yang benar, baik dan rules," tambahnya. (Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH