Jawaban Pakar Tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Kencan Onilne Ini positif negatif dari aplikasi online dating. (Foto: ntdaily.com)

KITA tidak akan bisa menolak digitalisasi yang terjadi di zaman sekarang, termasuk dalam hal percintaan. Beragam aplikasi online dating telah tersedia sesuai kebutuhan, dan pasti telah banyak orang-orang disekitarmu yang telah berpasang-pasangan berkat aplikasi online dating. Jika kamu masih ragu, yuk intip kelebihan dan kekurangan dari online dating menurut Dr. Lurve, seorang ahli percintaan dan hubungan asal Sydney, Australia.

1. Pro: menghemat waktu

Pakar Menjawab Kelebihan dan Kekurangan dari Kencan Onilne
Kamu bisa saja menemukan jodohmu lewat online. (Foto: pixabay/athree23)

Salah satu keuntungan dari online dating adalah kamu bisa menghemat waktu bersiap-siap lama untuk bertemu seseorang yang belum tentu menarik perhatian kamu.

Tanpa online dating, kencan buta hanya akan terjadi jika kamu dikenalkan oleh keluarga atau kerabatmu, dan belum tentu kamu akan merasakan chemistry-nya. Kehadiran online dating membuat kamu bisa setahap lebih maju dalam pencarian pacar potensial kamu nantinya.

2. Pro: pilih sesuai keinginanmu

Pakar Menjawab Kelebihan dan Kekurangan dari Kencan Onilne
Kamu bisa menentukan kriteria kamu secara lebih rinci. (Foto: pixabay/free-photos)

Algoritma yang ada pada aplikasi online dating bisa memudahkanmu mencari pasangan yang sesuai dengan keinginan dan preferensi kamu.

Preferensi tersebut mulai dari umur, tinggi, gender, hewan kesukaan, hobi, sampai kepada pengetahuan tentang apakah dia merokok atau minum alkohol atau tidak. Di dunia nyata, tentu kamu akan merasa kesulitan dan kurang sopan untuk menanyakan hal-hal personal tersebut kan?

3. Kontra: Kurang intimasi

Pakar Menjawab Kelebihan dan Kekurangan dari Kencan Onilne
Online dating membuatmu kesulitan menyaksikan komunikasi nonverbal. (Foto: pixabay/stocksnap)

Berkomunikasi secara online tidak memungkinkan kamu untuk melihat berbagai komunikasi non-verbal, sehingga intimasinya akan kurang jika dibandingkan dengan berbicara bertatapan. Komunikasi online juga bisa membuat kamu kesulitan mengetahui dirinya yang sebenarnya.

Baca juga:

5 Tips Kencan Daring agar Kamu Tidak Terjerumus Hal Berbahaya

Fitur ala Tinder Kini Bisa Dilakukan di Facebook, Spesial untuk Kamu Para Jomlo

Jika gebetan kamu lebih nyaman berbicara secara online, maka kamu harus berhati-hati! Hubungan dibutuhkan komunikasi yang layak dan nyata, bukan hanya terbatas pada layar cahaya biru dari ponsel kalian.

Sesuatu yang mudah didapatkan biasanya juga akan mudah dilepaskan. Jika diawali dengan keseriusan dan perjuangan ketika bertemu pertama kali, maka gebetanmu akan lebih menghargai setiap langkah yang mendekatkan kalian.

4. Kontra: Waspada penipuan

Pakar Menjawab Kelebihan dan Kekurangan dari Kencan Onilne
Jangan sampai kamu tertipu di online dating. (Foto: pixabay/aitoff)

Karena kemudahan membuat akun online dating, maka tidak jarang jika orang menggunakan identitas lain sebagai modus yang akan merugikan kamu. Mulai dari penipuan, pelecehan seksual, sampai pembunuhan sangat memungkinkan untuk dilakukan di era yang serba digital ini.

Setelah membaca ini, apakah kamu tetap akan menggunakan online dating di ponsel pintarmu,heh? (shn)



Ananda Dimas Prasetya