Jawaban Keluarga Ahok Terkait Permintaan Maaf Ma'ruf Amin Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat mengikuti sidang penistaan agama. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Adik Kandung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fifi Lety Indra angkat bicara soal permintaan maaf cawapres nomor 01 Ma'ruf Amin karena ikut terlibat memenjarakan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Melalui akun Instagram pribadinya, Fifi mengaku tidak bisa menjawab soal itu dan lebih memilih membiarkan masa lalu kelam itu berlalu.

KH Ma'ruf Amin. (MP/Rizki Fitrianto)
KH Ma'ruf Amin. (MP/Rizki Fitrianto)

"Jujur tdk tahu harus jawab apa. Biar Setiap org masing2 menilai saja. Uda tidak mau melihat ke belakang lagi," tulis Fifi dalam akun @Fifiletytjahajapurnama, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Fifi masih merasa aneh mengapa permintaan maaf itu baru diucapkan sekarang. "Aneh kenapa baru sekarang? Jadinya Lebih Baik tidak usah Di jawab saja," tulisnya.

Dalam unggahannya, Fifi turut menampilkan foto masa kecil Ahok bersama dirinya.

"Uda tidak mau melihat ke belakang lagi Waktu kecil Di gandeng tanganya ama koko #ahok @basukibtp Aku sukanya liat ke belakang....hahaha. Sekarang tanganku digandeng sama Tuhan dan aku tidak mau lagi melihat ke belakang, Ttp aku melihat Ke depan, dan membiarkan Tuhan menuntunku," tulisnya.

Unggahan foto Fifi dalam akun Instagram pribadinya. (Foto: tangkapan layar)
Unggahan foto Fifi dalam akun Instagram pribadinya. (Foto: tangkapan layar)

Sebelumnya, beredar video permintaan maaf Kiai Ma'ruf yang mengaku menyesal ikut memenjarakan Ahok.

Kiai Ma'ruf juga menegaskan, dirinya terpaksa melakukan hal itu karena terpaksa.

"Iya, tentu saja. Cuman karena terpaksa saja, kan. Iya, tentu saja. Siapa yang ingin memenjarakan orang. Ngak mau, kan? Tapi karena terpaksa. Situasi pada waktu itu prosesnya penegakan hukum," ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Pada kesempatan yang sama, Ma'ruf Amin juga melarang umat Islam ikut hadir ke acara Reuni Akbar 212 di Monas lantaran penegakan hukum terhadap Ahok sudah selesai.

"Ya, apa boleh buat, dengan rasa terenyuh. Walaupun abis itu saya juga minta maaf, karena juga tidak ingin menyusahkan orang, tidak ingin," ungkap Kiai Ma'ruf. (Fdi)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH