Jawa Timur Masih Mendominasi Laju Pertambahan Kasus Corona Petugas kebersihan membersihkan ruang isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) COVID-19 di gedung Mal Pelayanan Publik kawasan lingkar timur Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (11/06/2020). (ANTARA/Umarul Faruq)

MerahPutih.com - Pemerintah kembali mengumumkan jumlah penambahan kasus baru corona di tanah air. Pada Jumat (12/6) penambahan kasus baru corona kembali mencapai angka seribu tepatnya 1.111. Penambahan didominasi Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanggulangan corona, Achmad Yurianto, menjelaskan penambahan kasus baru yang terus melonjak karena setiap daerah memiliki risiko ancaman corona yang berbeda-beda.

Baca Juga

Jokowi Didesak Evaluasi Total Kinerja Kejaksaan dan Polri Terkait Hukuman Penyerang Novel

"Negara kita kepulauan, lebih dari 17 ribu pulau, selat dan laut, jadi barrier terkait risiko ancaman pandemi, oleh karena itu enggak memiliki ancaman yang sama dari 1 pulau ke pulau lain," kata Yuri, Jumat (12/6).

Jika dibandingkan dengan negara lain, kata Yuri, yang wilayahnya sebagian daratan seperti Korea Selatan, Malaysia atau Vietnam.

"Artinya angka ini sebenarnya enggak mengesankan kita enggak menangani dengan baik," jelas Yuri.

Suasana saat tes cepat massal di hari ke-14 yang digelar di halaman Gedung Juang 45 Surabaya, Kamis (11/06/2020). (ANTARA/HO/FA)
Suasana saat tes cepat massal di hari ke-14 yang digelar di halaman Gedung Juang 45 Surabaya, Kamis (11/06/2020). (ANTARA/HO/FA)

Di Jatim penambahan kasus sebanyak 318 kasus. Total kasus positif di Jawa Timur kini mencapai 7.421 orang. Yurianto mengatakan, di saat bersamaan, Jawa Timur juga melaporkan penambahan kasus sembuh sebanyak 72 orang.

Setelah Jawa Timur, DKI juga melaporkan penambahan kasus baru terbanyak dengan 93 orang. Sehingga total kasus positif menjadi 8.740 orang. Meski begitu, penambahan kasus sembuh di DKI ada 120 orang.

Di Sumatera Utara, ada 88 kasus baru positif COVID-19. Sehingga, jumlah keseluruhan kasus positif mencapai 768 orang dan belum ada laporan sembuh.

Baca Juga

New Normal Dinilai Bukti Pemerintah "Angkat Tangan" Tangani COVID-19

Sulawesi Utara juga melaporkan ada 65 kasus positif baru. Sehingga total mencapai 644 orang dan belum ada laporan sembuh.

Sedangkan Kalimantan Selatan melaporkan ada 60 kasus positif Covid-19 baru. Sehingga jumlah kasus di sana mencapai 1.694 orang, dan penambahan 15 kasus sembuh. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH