Jawa Barat Terus Dongkrak Pariwisata Gubernur Jabar bersama istri Netty Heryawan. (MP/Yugi Prasetyo)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tak henti-hentinya mempromosikan potensi wisata di Jawa Barat. Di bawah kepemimpinannya selama dua periode, Jawa Barat terus melakukan perbaikan di beberapa objek wisata andalan.

Menurut Aher sapaan akrab Gubernur Ahmad Heryawan, pariwisata menjadi andalan perekonomian saat ini. Di tengah tekanan dan perlambatan ekomoni, sektor pariwisata justru stabil atau malah terjadi peningkatan potensi.

"Dampak yang paling mikro, hampir bisa dipastikan bahwa pendapatan masyarakat di suatu daerah bertambah ketika pariwisatanya maju," ucap Aher.

Aher menyebutkan, ada banyak potensi wisata di Jawa Barat yang bisa dikembangkan, semisal Pangandaran, Cimaja, Gunung Padang, Pamengpeuk dengan pasir putih terpanjangnya di Indonesia, Green Canyon, serta yang sedang terus dikembangkan saat ini dan tengah diajukan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) yakni Geopark Ciletuh- Pelabuhan Ratu.

Jawa Barat, ungkapnya, juga terus berupaya memasarkan potensi wisatanya dengan berbagai cara. Misalnya lewat komunitas dengan menggaet para traveler, wisata off road, wisata adventure, dan banyak lagi.

Jawa Barat memiliki banyak potensi yang memikat. "Jawa Barat dianugerahi keindahan yang luar biasa, alamnya indah, karena itu kepariwisataannya terus berkembang dan harus terus dikembangkan," ujarnya.

Oleh karena itu, tandas Aher, sarana prasarana pendukung juga terus dibangun. "Kalau sekarang turis mancanegara masih paling banyak ke Bali, karena punya bandara internasional yang bagus, ke depan Jawa Barat mempunyai BIJB Kertajati, insyaallah angka itu akan meningkat," kata Aher.

Ke depan, Gubernur Aher berharap, kepariwisataan Jawa Barat harus terus berkembang seiring beroperasinya Bandara Internasional Kertajati Majalengka tahun 2018 mendatang. Wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Barat, pada tahun 2016 lalu, mencapai kurang lebih 1 juta orang. Sementara wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun lalu mencapai 58 juta orang.

Berbicara kembali tentang Ciletuh, Gubernur Aher menuturkan bahwa Pemprov Jabar telah menggelontorkan anggaran ratusan miliar untuk mengembangkan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu.

"Kita berharap pemerintah pusat bisa menggelontorkan anggaran hingga Rp 1 triliun untuk geopark Ciletuh agar bisa terus dikembangkan," pungkas Aher. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Aher Optimistis Bandara Kertajati Tingkatkan Pariwisata Jabar



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH