Jauhi Gula, Terapkan Pola Makan Antikanker

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 26 Mei 2019
Jauhi Gula, Terapkan Pola Makan Antikanker
Gula meningkatkan risiko terkena kanker. (foto: pixabay/ulleo)

SELAMA ini, para ahli mencoba merumuskan pola makan sehat yang bisa menjauhkan risiko kanker. Ditemukanlah, gula menjadi faktor yang meningkatkan risiko kanker.

Sebuah studi dalam JNCI Cancer Spectrum mengungkapkan sejumlah makanan yang berhubungan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker, salah satunya makanan olahan dan mengandung gula.

Para peneliti menganalisis data nasional di Amerika Serikat pada 2015 tentang jumlah makanan yang orang berusia 20-an. Mereka juga mengamati kejadian berbagai jenis kanker pada saat itu.

Seperti dilansir Healthline, peneliti menemukan diet buruk menyumbang sekitar 80.110 diagnosis kanker pada 2015. Sebagian besar dari kasus tersebut atau 84% terjadi karena pasien terlalu banyak mengonsumsi daging dan gula. Selain itu, mereka juga kurang mengonsumsi biji-bijian dan produk susu.

Di sisi lain, profesor bedah dari John Wayne Cancer Institute Dr Anton Bilchik mencatat jumlah kasus baru kanker usus besar telah meroket karena konsumsi berlebihan gula dan makanan olahan serta kurangnya olahraga. Kadar gula yang tinggi meningkatkan produksi insulin yang diyakini merangsang pertumbuhan sel kanker.

wheat
Konsumsi gandum merupakan bagian dari diet antikanker. (foto: pixabay/suraj)

Pemimpin peneliti studi Dr Fang Fang Zhang mengatakan pilihan makanan yang buruk saja dapat menyebabkan kanker seperti kanker payudara, mulut, uterus, ginjal, perut, dan hati. Terlepas dari perilaku lain yang berisiko, seperti merokok.

Agar risiko terkena kanker berkurang, ahli kesehatan menyarankan kamu mengonsumsi biji-bijian, semisal makanan yang mengandung gandum, jagung, beras, atau gandum sekitar 9 porsi per hari, produk susu dua hingga tiga porsi.

Selain itu, kamu wajib makan sayuran empat porsi, buah-buahan tiga porsi serta daging rendah lemak, telur, kacang-kacangan sebanyak dua porsi dengan total 6 ons per hari.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan