Game
Jauh Berbeda 'Genshin Impact' dengan 'Legend of Zelda' Genshin Impact (Foto: Facebook/Genshin Impact)

PENGARUH dari franchise Legend of Zelda tidak bisa dilebih-lebihkan. Selama bertahun-tahun, ada banyak game yang berbagi elemen dari game seri Zelda. Ada juga lebih dari beberapa rilis yang telah dilihat sebagai klon Zelda yang amat sangat mirip. Salah satu game tersebut adalah Genshin Impact , RPG aksi-petualangan dari MiHoYo.

Genshin Impact mengikuti sekelompok pahlawan yang dipimpin oleh 'The Traveler' saat mereka melakukan perjalanan melintasi tanah ajaib Teyvat. Sepanjang jalan, para pahlawan akan bertempur dengan segala macam makhluk, dari naga hingga goblin. Genshin Impact dirilis pada September 2020 untuk PS4, Nintendo Switch, PC, dan perangkat seluler.

Baca juga:

Animal Crossing: New Horizons Dinobatkan Sebagai Game of the Year 2020

Faktanya, Genshin Impact terbukti menjadi judul kontroversial, bahkan sebelum keluar dari pengembangan. Klon video game cenderung menimbulkan sedikit kehebohan di antara penggemar medium.

Karakter Lucu Dalam Gim Petualan Genshin Impact (Foto: Facebook/Genshin Impact)

Genshin Impact sendiri juga menerima tudingan itu sama seperti game-game lain yang tidak jauh berbeda. Secara khusus, para pemain gempar karena kesamaan Genshin Impact dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Namun, Ternyata game ini memiliki sesuatu yang berbeda alias tidak bisa disamakan dengan Lord of Zelda. Dilansir dari LOOPER, Genshin Impact memiliki plot yang tidak mirip dengan Breath of the Wild, namun grafis yang berbayang selalu tampak berteriak bahwa game ini mendukung popularitas BotW.

Berdasarkan berita dari GAMESPOT, ketika Genshin Impact diluncurkan di konferensi game China Joy 2019, reaksi terhadap game tersebut hampir seketika buat pemain game LOZ (Lord of Zelda) kecewa. Fans tersebut sangat marah melihat kemiripan karakter dan grafis serta alur cerita dari game buatan MiHoYo.

Baca juga:

Hadir di Next-Gen, Resident Evil Village Tetap Muncul di Konsol Lama

Salah satu contoh paling terkenal dari protes terhadap Genshin Impact datang ketika seorang penggemar di ChinaJoy menghancurkan PlayStation 4-nya di depan kerumunan. Alasannya dia melakukan itu untuk menunjukkan ketidaksukaannya terhadap promosi game Sony.

Menurut MiHoYo, Breath of the Wild memang menjadi salah satu yang berpengaruh dalam pembuatan game tersebut. Namun, dalam sebuah wawancara dengan FreeMMOStation, tim pengembang mengklarifikasi bahwa cerita dan gameplay asli game yang didasarkan pada pembangunan tim sudah cukup untuk membedakannya dari inspirasinya.

"Penting untuk dicatat bahwa kamu akan menemukan pengalaman Genshin Impact sangat berbeda dari The Legend of Zelda: Breath of the Wild," ujar para pengembang gema itu kepada satu reporter FreeMMOStation sebelum game dirilis resmi.

Setelah semua reaksi dan protes, tampaknya gamer telah memutuskan nasib Genshin Impact. Namun tak disangka ketika dirilis dan ulasan untuk judul tersebut mulai menyebar ke dunia, sesuatu yang lain menjadi sangat jelas.

Meskipun semua bukti sebaliknya, kritikus dengan cepat menemukan bahwa Genshin Impact benar-benar lebih dari sekedar Breath of Wild.

Wired menganggap Genshin Impact terlalu bagus untuk dianggap sebagai tiruan. Dalam ulasan Genshin Impact , PC Gamer mengakui kemiripan visual antara kedua game tersebut, tetapi mencatat bahwa Genshin Impact dimainakan dengan sangat berbeda.

Partai empat orang yang dikendalikan oleh pemain memungkinkan pemain untuk menghubungkan kombo yang menarik dalam pertempuran. Sistem sihir game ini secara mengejutkan sangat mendalam untuk game gratis.

Meskipun game ini menawarkan transaksi mikro, itu tidak pernah benar-benar dipaksakan pada pemain. Artinya gamer boleh beli cash atau tidak karena mereka bebas mendandani karakter mereka semaunya. (joe)

Baca juga:

Amazon Luna, Platform Cloud Gaming Mirip Google Stadia

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
10  Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Putri Diana di Layar Kaca (Part 1)
ShowBiz
Ilmuwan Mengungkap Misteri 'Komputer' Tertua di Dunia
Fun
Ilmuwan Mengungkap Misteri 'Komputer' Tertua di Dunia

Alat ini ditemukan oleh arkeolog Valerios Stais pada tahun 1901 Yunani.

'High Class', Drama Korea yang Bikin Panas Netizen
ShowBiz
'High Class', Drama Korea yang Bikin Panas Netizen

Konflik di drama Korea High Class dijamin bikin penonton geram.

Boneka Gigantamax Meowth, Hadiah Valentine Pencinta Pokemon
Fun
Boneka Gigantamax Meowth, Hadiah Valentine Pencinta Pokemon

Gigantamax Meowth Poke Plush adalah pilihan kamu untuk mendapatkan teman tidur Pokemon lucu.

Kerja Keras Tim Produksi BTS Demi Penampilan Grammy Awards 2021
ShowBiz
Kerja Keras Tim Produksi BTS Demi Penampilan Grammy Awards 2021

BTS harus merekam penampilannya terlebih dulu dan mengirimkannya ke pihak penyelenggara.

PUMA Rayakan Atlet Berprestasi di Olimpiade Tokyo
Fun
PUMA Rayakan Atlet Berprestasi di Olimpiade Tokyo

Atlet Puma meraih banyak medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Di Balik Konsep Avatar Aespa
ShowBiz
Di Balik Konsep Avatar Aespa

Mengusung konsep avatar yang hadir dalam dunia futuristik

‘The Crown’ hingga ‘Shawn Mendes: In Wonder’ Siap Temani Novembermu
Hiburan & Gaya Hidup
‘The Crown’ hingga ‘Shawn Mendes: In Wonder’ Siap Temani Novembermu

Beberapa film Netflix yang wajib kamu tonton di November ini.

3 Staf Terdekat Pangeran Philip Dapat Warisan
ShowBiz
3 Staf Terdekat Pangeran Philip Dapat Warisan

Salah satu staf kerajaan menemani Pangeran Philip sebelum meninggal.

3 Lagu Hip-Hop Terbaik yang Dirilis Minggu Ini
ShowBiz
3 Lagu Hip-Hop Terbaik yang Dirilis Minggu Ini

Layak untuk dimasukkan ke playlist kamu