Jatim Gagas Ekspor Center Produk Santri

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 29 November 2021
  Jatim Gagas Ekspor Center Produk Santri
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Sukses gelar One Pesantren One Produk (OPOP) Expo 2021 yang melibatkan 450 pondok pesantren di Atrium Icon Mall Gresik, Gresik, Jawa Timur, membuat Pemprov Jawa Timur, ingin skala pemasaran produk pesantren berkembang ke mancanegara. Tahun 2023 Jawa Timur menargetkan 1.000 produk pesantren.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berencana, menyiapkan ekspor center. Hal tersebut ditempuh lantaran gelaran OPOP terbukti sukses mampu mencapai omset sebesar Rp 1,9 miliar.

Baca Juga:

Sejumlah Negara Tertarik Danai Film Tentang Pesantren

Ia mengatakan, pameran OPOP Expo 2021 menjadi sarana promosi produk dari pesantren. Dari pameran tersebut, ada tiga ekosistem yang bisa berkembang diantaranya pesantren preneur, santri preneur, dan sosio preneur.

Produk yang ditawarkan pesantren saat ini mulai beragam dari makanan, minuman, fashion, handycraft, wisata halal, hingga teknologi informasi. Tapi dari ribuan produk pesantren, 150 produk yang berkurasi.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menyampaikan, pemerintah daerah akan mendorong pesantren di Gresik agar termotivasi untuk aktif menciptakan produk-produk handal.

“Saya berharap produk-produk pesantren di Gresik ini mampu menembus pasar mancanegara," katanya.

Pameran Produk UMKM Jawa Timur. (Foto: Antara)
Pameran Produk UMKM Jawa Timur. (Foto: Antara)

Berdasarkan data Badan Pusat Statisik (BPS) pada tahun 2021, ekspor nasional mengalami peningkatan pada triwulan III 2021 yang mencapai 22,71 persen (quarter to quarter) dengan negara tujuan utama Tiongkok atau China, Amerika, dan Jepang.

Kenaikan kinerja ekspor ini salah satunya disebabkan oleh peningkatan ekspor non migas sebesar 6,75 persen dengan produk-produk utama seperti lemak dan minyak hewani/nabati, besi dan baja, alas kaki, ampas, sisa industri makanan, serta berbagai produk kimia yang disumbang mayoritas UMKM. (Andika Eldon / Surabaya)

Baca Juga:

Produk Buatan 6 Pesantren Jawa Barat Dipamerkan di World Expo Dubai

#Pondok Pesantren #UMKM #Jawa Timur #Khofifah Indar Parawansa
Bagikan
Bagikan