Jateng Masih Menjadi Kandang Banteng, PDIP Kuasai Pilkada di 17 Daerah

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 Desember 2020
Jateng Masih Menjadi Kandang Banteng, PDIP Kuasai Pilkada di 17 Daerah
Paslon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa salah satu calon yang diusung PDIP memenangi Pilwakot Solo, Rabu (9/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah menegaskan sebanyak 17 dari 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah, yang menggelar pilkada serentak pada Rabu (9/12) dimenangkan calon yang diusung partai berlambang Banteng moncong putih.

Hasil tersebut didasari dari quick real count berdasarkan laporan perhitungan di TPS oleh para saksi.

Baca Juga

H-1 Pilkada Serentak, 49 Ribu TPS Masuk Kategori Rawan

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto mengemukakan, total ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang mengelar pilkada serentak pada Rabu kemarin. Dari semua daerah tersebut PDIP memberikan rekomendasi pada calon untuk bertarung dengan calon yang diusung partai lainnya.

"Ada 17 calon kepala daerah yang kita usung menunjukkan tren positif menuju kemenangan," ujar Bambang, Kamis (10/12).

Ia menegaskan kemenangan ini menunjukkan Jawa Tengah masih menjadi kandang Banteng. Selain itu, kemenangan 17 kepala daerah dari kader PDIP ini menunjukkan mesin partai di darah bekerja dengan baik.

"Kami awalnya hanya menargetkan di 16 daerah. Ternyata menang di 17 daerah berkat mesin partai di daerah bekerja semua baik PDIP dengan partai koalisi," tutur dia.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto. (MP/Ismail)
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto. (MP/Ismail)

Berdasarkan quick real count internal, kata Bambang, sebanyak 17 daerah kabupaten/kota yang unggul adalah Kabupaten Boyolali, Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonosobo, Kota Surakarta, dan Kabupaten Klaten.

Selain itu di Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Demak, Kota Pekalongan, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, serta Kabupaten Pekalongan.

"Kami hanya kalah di empat daerah, yakni Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purworejo, Kota Magelang, dan Kabupaten Kendal," kata dia.

Bambang yang juga menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu ini menambahkan, antusias warga di pilkada serentak masih cukup tinggi, meskipun situasi masih pandemi COVID-19. Angka partisipasi pemilih mencapai 60 persen.

"Hasil survey sebelum pilkada angka partisipasi pemilih di angka 70 persen. Namun, fakta di lapangan yang hadir ke TPS di atas 60 persen, masih cukup tinggi," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Unggul Hitung Cepat, Gibran akan Sowan ke Bajo

#Breaking #Pilkada Serentak #Pilkada 2020 #Pilkada Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan