Jateng Jadi Tuan Rumah PON Remaja Kedua

MerahPutih Sport - Pekan Olah Raga Nasional (PON) Remaja pertama, sukses berlangsung di Surabaya, Jakarta Timur. Perhelatan akbar olahraga bagi para pelajar tersebut berlangsung dari tanggal 9 - 15 Desember. Melalui sebuah acara yang meriah, PON Remaja pertama itu ditutup Gubernur Jawa Timur, di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (15/12).

Jawa Tengah, dipastikan menjadi tuan rumah dalam ajang tersebut tahun 2017 dengan ditandai penyerahan bendera PON Remaja dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Seperti dikutip dari situs jatengprov.go.id, Ganjar Pranowo menyatakan, pihaknya siap menjadi tuan rumah lantaran telah memiliki fasilitas olahraga yang menurutnya sudah memadai untuk event tersebut. Apalagi, diperkirakan banyak cabang olahraga tambahan saat berlangsung PON Remaja di Jawa Tengah.

“Yang PON dewasa saja kita siap, apalagi yang PON Remaja. Kemarin waktu kita bidding PON XX tahun 2020 sebenarnya kita jauh lebih siap. Hampir kabupaten sudah berbenah diri. Kalau kita mengambil dua area saja di Semarang Raya dan Solo Raya relatif fasilitasnya sudah cukup. Kalau itu bisa kita dorong, semuanya sudah siap,” ujar Ganjar kepada wartawan. 

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyambut baik pelaksanaan PON Remaja yang untuk pertama kalinya digelar di Jawa Timur. Menurutnya melalui kegiatan tersebut akan menghasilkan remaja-remaja hebat yang dimasa mendatang menjadi pejuang-pejuang olahraga Indonesia di tingkat Internasional.

“Alhamdulillah Pelaksanaan PON Remaja luar biasa, sukses. Kepada Ketua Umum KONI dan seluruh jajarannya terima kasih telah percaya Jawa Timur sebagai penyelenggara. Terima kasih kepada Pak Ganjar Gubernur Jawa Tengah, Insya Allah 2017 kita semua hadir di Semarang,” ucap Soekarwo dalam sambutannya.

Pada PON Remaja I tahun 2014, kontingen Jawa Timur memastikan menjadi juara umum usai mengoleksi 36 medali emas, 29 perak dan 16 perunggu. Runner Up diraih kontingen DKI Jakarta dengan 34 emas, 22 perak dan 18 perunggu. Jawa Barat menduduki tempat ketiga dengan 13 emas, 9 perak dan 15 perunggu. Jawa Tengah di posisi keempat dengan 7 emas, 9 perak dan 14 perunggu. Serta Sumatera Barat di posisi kelima dengan 7 emas, 8 perak dan 10 perungu. Pada ajang PON Remaja I 2014 juga diberikan penghargaan fairplay award dan Sumatera Barat terpilih menjadi penerima penghargaan tersebut.

Dalam PON Remaja I, sebanyak 15 cabang olahraga dipertandingkan di 133 nomor. Sebanyak 2.568 atlet dan official dari 34 Provinsi terlibat dalam kegiatan tersebut.

 


Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH