Jatah Maksimal 5 Tiket Champions Klub Inggris Bisa Lepas, Kuncinya Ada di Arsenal Trofi Liga Champions. (Ist)

MerahPutih.com - Liga Premier Inggris berpeluang memaksimalkan jatah 5 klub untuk ikut serta dalam Liga Champions Eropa musim depan. Namun, kuncinya malah ada di Arsenal yang kini malah berlaga di kasta kelas dua benua biru laga malam Jumat: Liga Europa.

Juara Liga Europa memang otomatis mendapat jatah masuk kualifikasi Liga Champions musim berikutnya. Namun, jika Arsenal gagal memenangkan Piala Liga Europa, dapat dipastikan negara Ratu Elizabeth itu malah bakal kehilangan jatah satu kursi dalam pertarungan memperebutkan piala 'Si Kuping Lebar' musim 2019-2020.

Perebutan juara 'Liga Malam Jumat' itu kini menyisakan 4 klub Valencia (Spanyol), Eintracht Frankfurt (Jerman) dan dua wakil Inggris: Chelsea dan Arsenal, yang kini menjadi kandidat kuat lolos ke final. 'Meriam London' berhasil membungkam Valencia 3-1 di kandang saat leg semifinal pertama, sebaliknya Chelsea mampu menahan imbang sekaligus memegang keuntungan 1 gol tandang saat bertemu Frankfurt.

pelatih arsenal
Manajer Arsenal Unai Emery (Foto: Twitter @Arsenal)

Jika skenario berjalan mulus Arsenal dan Chelsea bisa mengamankan laga leg kedua dinihari nanti, bisa dipastikan jatah liga Champions dari jalur juara Europa menjadi milik klub Inggris. Namun, Chelsea kini sudah pasti mengamankan peringkat 3 liga utama Inggris, yang berarti sudah pasti lolos liga Champions musim depan.

Artinya, jika Chelsea yang menang Liga 'Malam Jumat', otomatis jatah lolos dari peringkat liga tidak bisa diberikan kepada Arsenal yang kini berada di peringkat 5 karena UEFA menegaskan jatah Inggris hanya sampai peringkat 4. Adapun bila ada tim di urutan 4 besar yang mendapatkan tiket Champions dari jalur lain, jatah Inggris diberikan kepada juara liga di luar peringkat 10 negara besar Eropa berdasarkan daftar koefisien UEFA.

BACA JUGA: Chelsea 'Rasa' Arsenal

Arsenal pun tidak bisa berharap limpahan jatah tiket Champions dari jalur juara Liga Europa karena tidak bisa dialihkan kepada runner-up. Aturan UEFA tegas mengatur jatah tiket Champions dari jalur peringkat liga tidak berpengaruh kepada Juara Liga Europa. Efeknya, Arsenal harus menjuarai Liga Europa untuk bisa memaksimalkan 5 tiket Champions untuk klub Inggris.

Efek Semu Final Liverpool Vs Spurs

liverpool
Liverpool menang 4-0 atas Barcelona di Anfield (@ChampionsLeague)

Liga Inggris memang otomatis mendapat satu tiket musim depan dengan keberhasilan Liverpool dan Tottenham Hotspur menciptakan 'All England' Final Champions di Madrid 2 Juni mendatang. Namun, lagi-lagi siapapun yang menang tidak bakal berpengaruh karena peringkat Liverpool dan Spur saat ini berada di 4 besar yang sudah pasti otomatis lolos ke Liga Champions musim depan.

BACA JUGA: Liverpool 4-0 Barcelona: Comeback Dramatis, Messi dkk Tak Berkutik di Anfield

Sama seperti Liga Europa, jika Liverpool atau Spurs juara Liga Champions, jatah tiket mereka berdasarkan peringkat liga akan diberikan kepada juara liga di luar peringkat 10 negara besar Eropa berdasarkan daftar koefisien UEFA.

Luca Moura
Lucas Moura pencetak 3 gol yang membawa Tottenham Hotspur ke Final Liga Champions 2019. (Twitter Liga Champions)

Untuk itu, satu-satunya cara Liga Premier Inggris bisa mengamankan 5 tiket lolos ke kompetisi Liga Champions musim depan adalah jika ada satu tim finis di luar empat besar, menjuarai Liga Champions atau Liga Europa. Kuncinya, Arsenal yang kini menduduki urutan kelima harus menjuarai Liga Europa, maka Liga Premier akan diwakili lima tim dalam kompetisi ini.

BACA JUGA: Ajax Amsterdam 2-3 Tottenham: Hat-trick Lucas Moura Bawa Spurs Terbang ke Madrid

Jadi meskipun pun Liga Premier Inggris sebetulnya bisa memperoleh 6 tiket untuk lolos Liga Champions musim depan, total maksimal mereka hanya bisa mengirim 5 wakil berdasarkan aturan UEFA. Bahkan bisa kehilangan satu tiket dengan skenario terburuk Arsenal gagal meraih gelar juara 'Liga Malam Jumat'. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH