Jasa Marga Tak Berikan Diskon Tarif Tol saat Libur Natal-Tahun Baru

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 04 Desember 2023
Jasa Marga Tak Berikan Diskon Tarif Tol saat Libur Natal-Tahun Baru
Arsip - Kendaraan bermotor memadati jalan tol saat arus mudik. ANTARA/HO-Ditjen Hubdat Kemenhub

MerahPutih.com - Masyarakat bersiap menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

PT Jasa Marga menyatakan, tidak memberikan diskon tarif tol pada musim libur Nataru.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, periode Nataru ini dari hasil evaluasi, mobilisasi masih di bawah dari Lebaran 2023.

“Jadi kami dari Jasa Marga tidak ada rencana untuk mengusulkan diskon tarif tol pada saat Nataru," ujar Lisye dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (4/12).

Baca Juga:

Kereta Cepat Whoosh Jadi 40 Kali Perjalanan Saat Libur Nataru

Lisye menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi pemberian diskon tarif tol pada momen Lebaran kemarin, terbukti mampu untuk mengurai kepadatan lalin di Jalan tol.

Pemberian diskon tersebut membuat pengendalian punya opsi tambahan untuk melakukan perjalanan yang menyesuaikan pada pemberlakuan diskon tarif.

"Pada prinsipnya kami Jasa Marga selaku operator atau BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) melihat bahwa evaluasi yang kita lakukan pada saat Lebaran kemarin itu ditujukan memang untuk mendistribusikan lalu lintas, sehingga tidak menumpuk pada satu waktu," lanjutnya.

Dengan demikian, imbuh Lisye, Jasa Marga optimistis dapat mendistribusikan arus lalu lintas hanya dengan menggunakan skema rekayasa lalu lintas saja tanpa perlu menerapkan diskon tarif di sejumlah ruas miliknya.

"Karena tujuannya (diskon tarif saat Lebaran) untuk mendistribusikan lalin. Justru kita mencari nilai optimal terhadap pendapatan tersebut karena dengan adanya macet justru volumenya stagnan hingga tak terdistribusi," tuturnya.

Baca Juga:

180 Ribu Tiket Kereta Terjual Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Adapun untuk manajemen lalu lintas pada saat musim libur Nataru mendatang, Jasa Marga bakal mengoperasikan 2 ruas fungsional yaitu Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jalan Tol Jogja-Solo) Segmen Kartasura (Akses Gerbang Tol Colomadu-Jl Sawit).

Lalu ruas tol Japek II Selatan yang pada musim lebaran lalu dibuka secara fungsional dengan dua opsi, yaitu dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km.

Pengoperasian ruas fungsional ini dapat mendukung kelancaran arus kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta. Sedangkan untuk mengurai dan mengantisipasi kepadatan lalin di dalam tol, Jasa Marga juga bakal berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Tujuannya untuk melakukan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow, one way, maupun ganjil genap yang ditetapkan atas diskresi kepolisian. (Knu)

Baca Juga:

Hadapi Libur Natal-Tahun Baru, Jasa Marga Siapkan Opsi Pembatasan Angkutan Logistik

#Tarif Jalan Tol #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Bagikan