Jasa Marga Simulasi Penanganan COVID-19 di Jalan Tol Bareng Polisi Petugas PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengevakuasi seorang pengguna jalan tol terinfeksi COVID-19 dalam agenda simulasi penanganan di Jalan Tol Dalam Kota tepatnya di Gerbang Tol Cililitan, Kamis (9/4)

Merahputih.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama petugas kepolisian menggelar simulasi penanganan terhadap peristiwa COVID-19 di jalan tol.

"Kegiatan ini guna memastikan keselamatan pengguna jalan dan petugas," kata Area Manager Tol Dalam Kota dan Sedyatmo, Agus Pramono, dalam siaran tertulis, Sabtu (11/4).

Baca Juga:

Kemenag Imbau Umat Katolik Ikuti Misa Paskah via Online

Kegiatan simulasi digelar di dua lokasi yakni Jalan Tol JORR Non S tepatnya KM54+100 pada Rabu (8/4) dan di Jalan Tol Dalam Kota tepatnya di Gerbang Tol Cililitan pada Kamis (9/4).

Para peserta simulasi telah dilengkapi dengan pedoman penanganan, kesiapan sarana dan alat pelindung diri (APD), seperti masker, sarung tangan, helm dan sepatu khusus, serta alat penyemprotan cairan disinfektan.

Pada penanganan pasien terduga COVID-19, selain keselamatan dan keamanan pengguna jalan, keselamatan petugas juga merupakan hal yang paling penting.

"Jangan sampai kita justru malah membuat rantai penularan baru," pesan Agus pada petugas.

Petugas PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyemprot cairan disinfektan pada mobil operasional penanganan COVID-19 dalam agenda simulasi penanganan yang berlangsung di Jalan Tol Dalam Kota tepatnya di Gerbang Tol Cililitan pada Kamis (9/4). (Humas Jasa Marga).

Kesigapan petugas dan pemenuhan kelengkapan APD merupakan hal mendasar yang perlu dipersiapkan di tengah wabah Covid-19 yang saat ini sedang dihadapi.

Dalam simulasi ini melibatkan petugas mobile customer service dan petugas medis, serta petugas Patroli Jalan Raya (PJR).

Diawali dengan penjelasan terkait skenario simulasi, pelaksanaan tugas, penyelamatan pasien terduga Covid-19 ke rumah sakit rujukan, hingga berakhir pada aktivitas penyemprotan disinfektan.

Baca Juga:

Yurianto Sebut Masa Inkubasi Virus Corona di Indonesia 5- 6 Hari

Semua petugas dan kendaraan operasional harus memastikan petugas dan kendaraan dalam keadaan steril dari COVID-19, sehingga dapat mengantisipasi penularan kepada petugas lainnya.

Simulasi ini diharapkan dapat menjadi latihan penanganan bagi petugas jika ditemukan di jalan tol yang diduga terpapar COVID-19. (Pon)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH