Jasa Marga Berikan Diskon Saat Arus Balik Lebaran Volume kendaraan di Tol Cipali. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 akan terjadi pada Minggu (9/6). Diperkirakan jumlah kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama akan mencapai 100 ribu lebih.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani meminta agar pemudik tidak pulang bersama-sama di tanggal tersebut. Untuk meningkatkan minat pemudik yang balik di luar tanggal tersebut, Jasa Marga memberi diskon pada tanggal 10 hingga 12 Juni 2019.

"Untuk itu kami mengimbau masyarakat tidak fokus hanya pada satu tanggal tertentu saja. Untuk pemudik yang menggunakan akses jalan tol dapat menikmati diskon tarif tol sebesar 15% pada tanggal 10-12 Juni 2019," kata Desi dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6)

"Ini diharapkan menarik minat masyarakat sehingga distribusi lalu lintas arus mudik dapat menjadi maksimal," ujarnya dilansir Antara.

Desi juga mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan balik. Dia menyebut, di antaranya menyiapkan bahan bakar dan saldo uang elektronik.

"Isi BBM dan saldo uang elektronik dengan maksimal sebelum masuk ke jalan tol. Ini untuk menghindari kepadatan yang bisa terjadi di gerbang tol akibat kurang saldo dan kepadatan di rest area karena BBM habis. Selain itu cek kondisi kendaraan, pastikan kondisinya baik, agar tidak mengalami gangguan yang dapat mengurangi kapasitas lajur," terang Desi.

Jasa Marga juga mengimbau agar pengguna jalan dapat memonitor lalu lintas sebelum melakukan perjalanan. Bagi pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan mudik, diimbau agar berangkat pada pagi hari untuk menghindari kecenderungan jam favorit arus balik pada siang hingga sore hari. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH