Jasa Marga Akui Peminat Mudik Gratis Meningkat (ANTARA FOTO/Risky Andrianto).

MerahPutih.com - Momen Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan sejumlah perusahaan untuk menyelenggarakan mudik gratis bagi masyarakat.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani mengatakan peminat mudik gratis pada 2018 meningkat tiga kali dibandingkan 2017.

Pada 2018, sebagaimana dilansir Antara, Jasa Marga memberangkatkan 47 bus atau 2.100 orang, sedangkan pada 2017, bus mudik gratis hanya 15 bus.

"Masyarakat antusias sekali ikut mudik gratis BUMN ini, kalau kuotanya kami buka terus maka peminatnya juga terus ada," kata Desi saat ditemui usai pelepasan mudik bareng BUMN di Ancol, Jakarta, Sabtu (9/6).

Dia mengatakan pada 2018 BUMN tidak hanya memfasilitasi masyarakat ada yang di Pulau Jawa saja, tetapi juga masyarakat yang di luar Jawa.

Mudik

Seperti ke Pangkalan Bun (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Medan (Sumatera Utara), dan Manado (Sulawesi Utara).

Sementara itu pelaksanaan "Mudik Bareng BUMN" untuk yang keempat kali oleh Kementerian BUMN ini melibatkan 62 BUMN dengan 177 kota tujuan baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan, program Mudik Bareng BUMN 2018 merupakan salah satu wujud dari sinergi BUMN dalam melayani masyarakat.

Selain sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, Mudik Bareng BUMN bertujuan mengalihkan penggunaan sepeda motor ke moda transportasi yang lebih aman seperti, bus, kereta api, dan kapal laut.

Rini juga mengapresiasi jumlah pemudik yang ikut dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 yang tercatat meningkat menjadi 206.209 pemudik atau naik 74,43 persen dari sebelumnya 118.220 pemudik pada 2017.

Sementara kota tujuan pun bertambah menjadi 108 kota tujuan dari sebelumnya 84 kota tujuan pada 2017. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH