Jarvish, Helm Pintar nan Canggih Bikin 'Bikers' Makin Kece Jarvish helm bikers canggih (Foto: Kickstarter.com)

SEPERTI nama asisten artificial intelligence (AI) buatan Tony Stark, Jarvish merupakan jenis smart helmet yang dirilis belum lama ini di tahun 2019. Ingat dengan nama pelayan AI yang selalu berada untuk membantu Tony Stark di film Iron Man? Ya, inovasi dari helm Jarvish ini sedikit terinspirasi dari film tersebut. Lantas seperti apa kecanggihan helm Jarvish ala Iron Man ini? Mari simak ulasannya.

1. Aktivasi melalui rekognisi suara

Jika Mr.Stark mengaktifkan helm Iron Man dengan berbicara "Turn it on", sama halnya dengan helm pintar yang satu ini! Dengan fitur aktivasi melalui suara pemilik yang telah diatur sebelumnya, helm ini memiliki fitur yang sangat futuristik!

2. Mampu Melihat 360 Derajat

Jarvish, Helm Pintar nan Canggih ala Iron Man
Fitur 360 derajat helm Jarvish (Foto: Kickstarter.com)

Kaca spion motor rusak? Kamu tak perlu khawatir jika menggunakan helm ini. Helm ini memiliki fitur dengan melihat kedepan dan kebelakang.

Dengan bantuan display kecil yang bisa diaktifkan melalui rekognisi suara, secara bersamaan helm ini mampu menampilkan bagian belakang kendaraan tanpa harus melihat kebelakang.

3. Navigasi GPS

Jarvish, Helm Pintar nan Canggih ala Iron Man
Navigasi GPS tanpa ribet hadir di kaca helm (Foto: Kickstarter.com)

Tidak perlu bolak-balik liat ponsel untuk mengetahui kemana arah kita berjalan untuk sampai tujuan. Tidak hanya mampu memberikan pandangan belakang, display kecil tadi bisa juga memberikan navigasi GPS lho.

Bahkan helm ini juga menyediakan speaker kecil didalamnya untuk memberitahu kemana kita harus berbelok saat ada tikungan.

4. Kontrol Suara

Bekerja sama dengan Alexa buatan Amazon, fitur-fitur yang disediakan diaktivasi melalui perintah layaknya penggunaan dari Alexa.

Seperti "Jarvish, turn on music. Jarvish volume down 60%". Sehingga pengemudi bisa tetap fokus melihat ke jalan yang ada di depannya.

5. Kaca anti embun

Jarvish, Helm Pintar nan Canggih ala Iron Man
Selain canggih, Jarvish juga mengutamakan keselematan (Foto: Kickstarter.com)

Dengan fitur ini, tidak takut lagi jika ada embun atau kabut yang mengendap di kaca helm. Lantaran, helm ini mampu meniupkan angin kecil sehingga embun yang berada di kaca helm bisa teratasi dengan mudah.

Jarvish, Helm Pintar nan Canggih ala Iron Man
Perbandingan model Jarvish X dan Jarvish X-AR (Foto: Kickstarter.com)

Untuk harga helm Jarvish ini terbagi dalam dua model. Seri Jarvish X memiliki fitur yang lebih sedikit dengan harga USD 450 atau setara Rp6.5 juta, dibandingkan dengan seri Jarvish X-AR dengan harga USD 999 atau sekitar Rp14.5 juta untuk harga retail kloter pertama ini. (riq)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH