Jarum Timbangan Bergeser ke Kanan? Nikmati Saja! Timbangan. (Foto: Pixabay)

ANEKA makanan khas Lebaran memang begitu menggoda. Kaasstengels. Nastar. Ketupat. Opor ayam. Belum lagi aneka jajanan sarat lemak. Semuanya terasa sayang apabila dilewatkan.

“Mumpung mudik.” Begitu biasanya alasan yang dilontarkan para pemudik. Kamu begitu juga enggak, sob? Jika iya, timbangan bergeser ke kanan sudah pasti tidak terelakkan.

Tidak usah panik. Semua pemudik pernah mengalaminya. Berat badan meningkat akibat ada penambahan konsumsi makanan.

Usaha keras pun dilakukan untuk menurunkan berat badan secara instan. Jogging setiap pagi hingga sore. Mulai mengurangi asupan makanan. Bahkan ada yang sampai memuntahkan kembali makanannya demi mendapatkan berat badan ideal.

Sebenarnya kamu enggak perlu melakukan itu semua. Membenci tubuh sendiri merupakan akar persoalan yang membuat kamu mati-matian menurunkan berat badan kembali.

Stanford School of Medical di Amerika mengungkapkan fakta ini. Ketika membenci tubuhmu, usaha apapun yang dilakukan bakal sia-sia. Entah itu menurunkan berat badan. Mengubah bentuk bodi agar terlihat ramping dan seksi. Atau, sekadar mengurangi lingkar pinggang.

Lebih parah lagi apabila usaha yang kamu lakukan hanya menggeser jarum timbangan sedikit saja ke sebelah kiri. Kamu bakal kesal dan putus asa. Akibatnya, hasrat menurunkan berat badan pun langsung pudar. Kamu juga jadi malas olahraga serta diet.

Pernah mengalami hal ini? Jika ya, segera ubah pola pikirmu. Rancang pikiranmu agar senantiasa merasa bahagia. Apapun kondisinya.

Bahagia
Rancang pikiran agar selalu bahagia. (Foto: Pixabay)

Riset membuktikan orang-orang yang ceria lebih cepat langsing ketimbang mereka yang mengomel serta membenci tubuhnya. Daripada terus menerus merasa kecewa akibat berat badan yang tak kunjung turun, kamu lebih baik melakukan hal-hal ini.

Saat kumpul bersama keluarga besar, kenakan baju yang pas badan. Dengan begitu, perut akan cepat terasa penuh ketika kamu mulai makan berlebihan. Jauhi karbohidrat seperti nasi, mi, lontong, ketupat dan roti.

Banyak cokelat dan kue cokelat di rumah? Jangan tergoda menjadikannya camilan. Cukup jadikan suguhan saja saat ada keluarga atau teman yang bersilaturahmi ke rumah. Taruh stok buah dan sayur di lemari pendingin. Lalu perbanyak minum air bening.

Kamu juga bisa mengonsumsi wortel. Dapat dalam bentuk jus atau wortel kukus. Wortel membantu mengendalikan stres dan kolesterol. Alternatifnya adalah permen karet bebas gula.

Saat tamu sudah pulang dan rumah kosong, mungkin kamu merasa kesepian. Alihkan perhatian pada aktivitas memasak, nonton, mewarnai rambut atau kuku. Aktivitas-aktivitas ini akan membuatmu lupa untuk menyentuh stok camilan.

Nah, daripada membenci tubuh sendiri, kamu lebih baik melakukan aktivitas bermanfaat kan? Lambat laun berat badanmu akan turun dengan sendirinya karena sibuk beraktivitas. (Rin)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH