Jaringan Internet Telkom Terputus, SKD CPNS Dijadwal Ulang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 22 September 2021
Jaringan Internet Telkom Terputus, SKD CPNS Dijadwal Ulang
Tes CPNS. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Dampak adanya gangguan teknis akibat kerusakan sistem komunikasi bawah laut milik PT Telkom Group. Pelaksanaan tes SKD yang berlangsung pada 20-21 September 2021, mengalami penundaan diberberapa wilayah di Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan penjadwalan ulang tes seleksi kompetensi dasar (SKD) di sejumlah daerah diupayakan tidak akan mengubah jadwal keseluruhan dalam proses penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) Tahun 2021.

Baca Juga:

154 Pelamar CPNS Solo Tidak Hadir Saat SKD, Panitia Langsung Coret

"Penjadwalan ulang ini diupayakan tidak terlalu menggeser jadwal keseluruhan," kata Tjahjo Kumolo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/9).

BKN mencatat lokasi tes SKD yang terdampak gangguan Telkom di lokasi mandiri BKN Balikpapan ialah di Kejaksaan Agung dan Kementerian Pertanian, serta sejumlah lokasi mandiri instansi daerah. Kedua instansi tersebut diminta segera mempublikasikan penjadwalan ulang sesuai dengan waktu yang diberikan BKN.

Sementara untuk tes SKD di lokasi mandiri instansi daerah, BKN meminta untuk segera berkoordinasi dengan kepala BKN daerah setempat dan mengirimkan surat terkait penjadwalan ulang.

Tjahjo eminta PT Telkom Indonesia bekerja keras melakukan reroute jaringan telekomunikasi untuk kelancaran tahapan tes seleksi kemampuan dasar (SKD) dalam rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021.

Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Antara)
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Antara)

"Meminta Telkom bekerja keras untuk segera melakukan reroute terhadap jaringan telekomunikasi, sudah dilakukan dan masih berlangsung. Namun dari hasil reroute ternyata belum menghasilkan optimalisasi jaringan," katanya.

Untuk mengurangi beban telekomunikasi ke sistem dalam pelaksanaan seleksi CASN, Tjahjo mengatakan fitur face recognition akan dimatikan sementara serta meminimalkan beban streaming Youtube hasil seleksi ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pada Minggu (19/9), Telkom mengalami gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui area Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan ruas Batam-Pontianak. Selain itu, gangguan juga terjadi wilayah Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan ISP Telkom di sejumlah wilayah di Indonesia. (Asp)

Baca Juga:

SKD Dimulai, 18.000 Peserta Berebut 540 Posisi CPNS di Jabar

#Breaking #Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) #Kemenpan RB
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan