Jarang Disadari, Hal ini Memicu Diabetes Hal-hal kecil ternyata bisa memicu diabetes.(foto: Pixabay/tumisu)

DIABETES selama ini menjadi penyakit yang masih menjadi tanda tanya besar. Tidak ada obat yang pasti, yang ada hanya suplemen pencegahan atau obat-obatan yang bisa meredakan penyakit ini. Orang yang selama ini mengonsumsi makanan sehat juga bisa terkena diabetes.

Tidak mengherankan jika diabetes menjadi penyakit yang cukup ditakuti banyak orang. Sekali terkena penyakit ini, seumur hidup orang tersebut harus menanggungnya. Ternyata nih, hal-hal kecil yang kamu lakukan bisa menjadi penyebab diabetes.


1. Nasi Panas

nasi
Nasi panas membuat kadar gula melonjak. (foto: pixabay/alien0417)


Makan nasi memang paling nikmat ketika sedang panas-panasnya. Namun, tahukah kamu bahwa nasi yang dalam kondisi panas berarti sedang dalam proses gelatinisasi yang mampu meningkatkan kadar gula. Membiarkan nasi dalam suhu ruangan 15 menit sebelum dikonsumsi mampu menghentikan proses tersebut. Mulai sekarang, perhatikan pola makanmu ya. Jangan lupa biarkan nasi dalam suhu ruangan terlebih dahulu agar kamu tidak terkena diabetes.

BACA JUGA: Bekal ke Sekolah Menjamin Kecukupan Gizi Anak

2. Minuman Manis Botol Kemasan

minuman manis
Minuman manis dalam botol tinggi kandungan gula. (Foto: pixabay/igorovsyannikov)

Minuman manis dalam botol kemasan merupakan kesukaannya hampir semua orang. Apalagi jika kamu tinggal di daerah tropis. Minum minuman manis dingin-dingin dapat meredakan rasa panas. Namun, ternyata kadar gula dalam minuman manis botol kemasan bisa mencapai 50 gram. Jika terlalu sering mengonsumsi minuman ini, tentunya memicu diabetes dalam tubuhmu.

3. Begadang

begadang
Begadang mengganggu ritme tubuh. (foto: pixabay/danfa)

Mungkin banyak orang yang tidak percaya begadang ternyata bisa memicu diabetes. Ketika jam tidurmu meleset dari jam seharusnya, tubuh akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Saat kamu begadang dan bangun siang, kamu pasti melewati waktu saat tubuhmu membutuhkan asupan gizi. Hal tersebut dapat mengacaukan kadar gula dalam darahmu sehingga kamu bisa terkena diabetes.

BACA JUGA: Kekuatan Fisik 'Dancer' Setara dengan Atlet? Ketahui Jawabannya

4. Melewatkan Sarapan

breakfast
Jangan lewatkan sarapan. (foto: pixabay/einladung_essum_essen)

Ini merupakan hal yang sering diremehkan banyak orang. Bekerja dari pagi hari bukan berarti kamu boleh melewatkan sarapan. Nyatanya sarapan sangat dibutuhkan tubuh untuk menyeimbangkan kembali kadar gula yang turun sewaktu tidur. Asupan nutrisi pertama haruslah yang bergizi agar tubuh bisa terhindar dari penyakit ini.(mar)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH