Janji Mensos Akan Tambah Nominal Bansos Non-Tunai Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kanan) memantau pencairan uang bantuan Paket Keluarga Harapan (PKH) untuk 835 keluarga penerima manfaat (KPM). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

MerahPutih.com - Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa secara simbolis menyerahkan bantuan sosial non-tunai Program Keluarga Harapan (PKH) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (3/8).

"Kepada ibu-ibu penerima bantuan, gunakan uang tersebut sebaik-baiknya untuk keperluan sekolah (pendidikan) putra dan putrinya," kata Khofifah.

Ia mengemukakan, bantuan non-tunai PKH itu diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu dan membiayai pendidikan sekolah keluarga kurang mampu dan juga untuk perbaikan gizi ibu hamil.

Bantuan sosial non-tunai PKH, katanya, jika efektif dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, nominalnya akan ditambah, sesuai apa yang disampaikan Presiden Jokowi.

"Karena sekarang keluarga penerima manfaat sudah menggunakan kartu ATM dan buku tabungan, sehingga para penerima bisa menggunakan atau mengambil uang bantuan sesuai kebutuhan dan sisanya bisa mereka tabung," kata dia.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Bondowoso Amir Hidayat menyebutkan, jumlah KPM program PKH di Kota Tapai itu tercatat sebanyak 39.494 orang. Dan dari 23 kecamatan baru ada sembilan kecamatan yang sudah beralih menggunakan non-tunai.

"Yang sudah beralih ke non-tunai yaitu, Kecamatan Pujer, Maesan, Wonosari, Tlogosari, Wringin, Tamanan, Cerme, Tegalampel dan Kecamatan Kota Bondowoso," katanya. (*)

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH