Janji Manis Menteri Agama untuk Jamaah Haji Indonesia Menag Lukman saat mengunjungi UIN Suka Yogyakarta, Rabu (28/3). (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2018 memang masih lama. Namun, pemerintah Indonesia sudah menyiapkan semua kebutuhan tamu Allah yang akan datang ke Arab Saudi, salah satunya adalah asrama haji

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjanjikan asrama haji di seluruh Indonesia akan ditata setara hotel bintang tiga, sebagaimana yang disediakan untuk jamaah Indonesia saat di Tanah Suci.

"Provinsi Kalteng telah membuktikan mampu menyediakan gedung asrama haji setara hotel bintang tiga. Ini sangat membantu untuk beradaptasi saat berada di Tanah Suci nantinya," ucap Menag saat meresmikan Asrama Haji Al Mabrur di Islami Center di Palangka Raya, Jumat (4/5).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: ist

Mengenai rencana dan usulan Pemerintah Provinsi Kalteng agar Bandara Tjilik Riwut menjadi embarkasi haji, sampai saat ini masih diproses dan dicermati Kemenag RI. Sebab, untuk mewujudkannya harus melalui beberapa tahapan dan sejumlah persyaratan harus dipenuhi.

Lukman mengatakan pihaknya menyadari bahwa usulan pemprov tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat Kalteng. Hanya, menjadikan bandara sebagai embarkasi haji tetap harus dilihat panjang dan lebar landasan pacu, daya tampung bandara, termasuk perizinan menerbangkan jemaah haji langsung ke tanah suci.

"Untuk menerbangkan langsung ke tanah suci itu tidak hanya berkaitan dengan instansi ataupun lembaga di Indonesia, tapi Pemerintah Negara Saudi Arabia serta perusahaan penerbangannya. Ini yang terus kita jajaki," beber dia seperti dikutip Antara.

Kemenag RI pada prinsipnya semakin banyak embarkasi yang bisa langsung menerbangkan jemaah haji ke tanah suci, justru semakin baik dan memberikan banyak keuntungan, termasuk menghemat stamina ataupun tenaga jemaah asal Indonesia.

Jemaah bayar haji
Petugas Bank Mandiri Syariah melayani calon jemaah haji melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) di Kantor Cabang Mandiri Syariah Area Bekasi (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

"Walau menyadari dan memahami berbagai keuntungan tersebut, tapi kan Kemenag RI tidak bisa menentukan sendiri terkait penyediaan embarkasi haji. Harus berkoordinasi dengan banyak pihak," kata Lukman.

Menag juga secara simbolis meresmikan gedung IAIN Palangka Raya, gedung Manasik Haji dan Balai Nikah se-Kalteng.

Kuota Haji Indonesia

Menteri Koordinator PMK, Puan Maharani, mengatakan kuota jemaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000 orang.

"Sebelumnya jumlah kuota haji kita berkurang, namun sekarang ditambah lagi," kata Puan saat mengunjungi lokasi Pendidikan Mathla'ul Anwar di Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang, Minggu (29/4).

Jemaah Haji Indonesia. Foto: ANTARA

Penambahan kuota itu berdasarkan hasil evaluasi dan perbaikan pelayanan ibadah haji tahun 2018 yang melibatkan Pemerintah Arab Saudi.

Dari 221.000 jamaah itu yang terdiri atas 204.000 jemaah reguler dan 17.000 jemaah khusus. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH