Janji Ma'ruf Amin untuk Umat Muslim Kalau Menang Pilpres 2019 Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA FOTO

MerahPutih.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Ma'ruf Amin berjanji akan mendorong pengembangan ekonomi syariah jika nanti terpilih menjadi wakil presiden pada pilpres yang akan digelar April 2019.

"Apabila nanti saya terpilih jadi wapres, tentu saya akan mendorong secara keseluruhan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia supaya lebih berkembang untuk bisa mendukung penguatan ekonomi nasional kita. Jadi, ini arahnya menuju kesejahteraan," kata Ma'ruf di Jakarta, Rabu (13/2).

Ia mengatakan ekonomi syariah sudah menjadi bagian dari sistem ekonomi nasional yang menganut dual economic system yaitu konvensional dan syariah. Begitu pula sistem keuangan yang mencakup sistem keuangan konvensional dan syariah.

"Nah, keuangan syariah ini sudah berkembang pesat dan untuk lebih memacu perkembangannya, perlu adanya perbaikan terutama dalam sistem kelembagaannya, inovasi produknya yang supaya lebih menghasilkan produk yang diminati masyarakat, market friendly," katanya.

Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin. (Foto: merahputih.com/Fadli)
Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin. (Foto: merahputih.com/Fadli)

Selain itu, perbaikan juga perlu dilakukan dalam hal pelayanan oleh lembaga keuangan syariah.

Ma'ruf pun menyinggung soal layanan teknologi finansial (financial technology/fintech) merupakan layanan digitalisasi yang kini menjadi tren dan dilakukan oleh lembaga keuangan di seluruh dunia, dan dapat didorong pengembangannya di tanah air.

"Karena itu, apakah fintech bisa diterapkan dalam sistem keuangan syariah, kemudian Dewan Syariah Nasional melakukan pembahasan dan mengatakan boleh, sepanjang nanti tidak ada bunga, riba, gharar, manipulasi, tidak ada di situ gambling. Melalui aturan yang ada oleh OJK, maka semua itu bisa dilakukan," kata Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah itu.

Ia mengatakan, ekonomi syariah itu identik dengan ekonomi keumatan dan ekonomi kerakyatan. Menurutnya, umat harus diberdayakan agar mereka memiliki akses terhadap masalah ekonomi dan keuangan.

"Itulah namanya kita mendorong membangun bottom up economic development, membangun ekonomi bawah, ekonomi umat. Ekonomi umat itu banyak menggunakan sistem syariah. Oleh karena itu, ini akan memperkuat ekonomi nasional kita," kata Ma'ruf.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH