Janji Jokowi di Awal Memerintah Belum Terealisasi Presiden Joko Widodo (kedua kanan) di kantor presiden, Jakarta Pusat (Foto Setkab.go.id)

MerahPutih Bisnis - Janji manis Presiden Joko Widodo (Jokowi) di awal pemerintahannya hingga kini belum terealisasi. Realisasi percepatan infrastruktur dan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia berjalan lamban. 

"Jokowi pas kampanye itu janji-janji surga banyak sekali. Tapi sampai sekarang mana janji-janjinya? Itu menunjukan action-nya kurang, mungkin masih optimistis, tapi ekspektasinya lewat," ujar Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Dzulfian Syafrian dalam diskusi publik, di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (8/10). 

Dzulfian mengapresiasi Paket Kebijakan Ekonomi Tahap III yang diumumkan Rabu (7/10) lalu. Menurutnya, paket ekonomi itu sudah tepat. Tapi, Paket Kebijakan Ekonomi Tahap I dan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II hanya untuk me-maintain ekspektasi. 

Paket ekonom itu terkesan hanya aksi dan reaksi dari pemerintahan Jokowi di tengah kondisi gejolak ekonomi yang berpengaruh juga terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Nilai tukar rupiah terus melemah, IHSG juga menurun. Nah, para pelaku usaha mempertanyakan di mana peran Pemerintah. Kalau sekarang sudah mulai menguat kenapa? Itu respon positif dari para pelaku pasar, sebab pemerintah dinilai tidak diam," pungkasnya. (rfd)

Baca Juga:

  1. Mimpi Jokowi Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia
  2. Ribuan Warga Antusias Hadiri HUT TNI ke-70 di Cilegon
  3. Rangkaian Gladi Bersih HUT TNI ke-70 
  4. Jokowi: TNI Tidak Boleh Lukai Hati Rakyat 
  5. Ahok: Revolusi Mental Hanya Ada di TNI 


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH