Tebar Janji Para Caketum PSSI: Rekrut Pelatih Kelas Dunia, VAR Sampai Cabut dari AFF Caketum PSSI. Foto: PSSI Pers

MerahPutih.com - Pemilihan Ketua Umum PSSI akan berlangsung pada Kongres PSSI pada 2 November 2019. Tercatat, ada 10 calon pemimpin induk sepak bola nasional yang bakal bertarung.

Para calon ketum sudah menebarkan janji-janji manis kepada para voters PSSI. Mereka berharap bisa mendapatkan suara agar bisa menjadi PSSI 1.

Baca Juga

Calon Ketua Umum PSSI: Luis Milla Pelatih Gagal

DPenyampaian Visi dan Misi Calon Ketua Umum PSSI 2019-2023 yang digelar SIWO PWI dan PSSI Pers di Wisma Kemenpora, Rabu (30/10). Caketum Fary Djemi Francis menjanjikan mendatangkan pelatih kelas dunia yakni Sven-Goran Eriksson

"Saya maju dengan tagline cinta karena punya pengorbanan, passion, dan tidak ingkar janji. Rumah PSSI program utama saya. Produk yang penting bagi saya, kompetisi dan hasilnya timnas tangguh." kata Francis.

Calon Ketua Umum PSSI, Fary Djemi Francis. (PSSI Pers)
Calon Ketua Umum PSSI, Fary Djemi Francis. (PSSI Pers)

Sementara itu, Vijaya Fitriyasa yang merupakan pemilik Persis Solo bertekad mendatangkan mantan pelatih Barcelona, Frank Rijkaard untuk melatih timnas junior.

Baca Juga

Calon Ketua Umum PSSI: Juara di Piala AFF 2020 Tak Pantas Jadi Target Timnas Indonesia

"Sekarang ada Timnas U-18, harus disiapkan untuk tim U-20. Bila perlu pelatih asing yang bagus untuk menyiapkan. Katanya Frank Rijkaard 300 ribu euro."

"Kebetulan sedang tidak melatih, sekalian siapkan U-20 sekaligus tim senior. Jadi tim senior disiapkan dari junior. Karena sebagai tuan rumah, jangan sampai malu-maluin. Minimal lolos fase grup, sehingga sebagai tuan rumah harus punya harga diri," ujarnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh calon Ketua Umum PSSI, Arif Putra Wicaksono. Ia berencana menghadirkan Frank de Boer untuk AFF 2022 untuk mendampingi Fakhri Husaini.

Arif Putra Wicaksono juga memaparkan program Ultras 2.0. Program ini ditawarkan untuk membuat suporter di Indonesia lebih modern.

Baca Juga

Calon Ketua Umum PSSI: Arif Putra Wicaksono Siap Andalkan Link dengan 25 Klub Luar Negeri

Itu di samping program pengadaan video assistant referee (VAR). "Banyak kasus mafia. Jadi VAR saya pikir bagus untuk Indonesia," jelasnya.

Berbeda dengan calon lainnya, salah satu calon ketua umum PSSI periode 2019-2023 Sarman El Hakim mengatakan bahwa dirinya akan mengeluarkan Indonesia dari keanggotaan AFF jika terpilih menjadi ketua umum.

Baca Juga

Calon Ketua Umum PSSI: Nama Sven-Goran dan Frank Rijkaard Dimunculkan untuk Bantu Timnas Indonesia

“AFF itu bukan bagian dari FIFA. Kalau saya terpilih menjadi ketua umum, kita akan keluar dari AFF. Saya akan berbicara dengan Presiden,” tegasnya.

Sebagai informasi, AFF memang tidak tercatat dalam keanggotaan FIFA. Namun, keberadaan organisasi yang dipimpin Mayor Jenderal Khiev Sameth (Kamboja) tersebut diakui oleh AFC. (Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH