Janji Google untuk Menggunakan Komponen Daur Ulang Per 2022 Nantinya produk-produk Google gunakan bahan daur ulang (Foto: Clubit TV)

GOOGLE sebelumnya telah membuat banyak langkah untuk mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas perusahaan mereka, bahkan membuat anak perusahaan bernama Google Environment di tahun 2009 yang berfokus pada masalah lingkungan. Dilansir dari laman TechRadar, Google baru saja membuat rencana baru untuk menambah panjang daftar langkah pelestarian lingkungan tersebut.

Rencana pertama dari Google yakni masalah pengiriman produk. Anna Meegan, kepala divisi sustainability dan consumer hardware, menuliskan di blog milik Google bahwa per tahun 2020 pengiriman barang 100% akan terbebas dari penggunaan karbon.

Baca juga:

Google Uji Coba Sistem Kemudi Otomatis Gunakan AI Game StarCraft II

Bagaimana nantinya Google berencana untuk mencapai hal tersebut masih belum jelas. Menurut info dari FastCompany, salah satu cara yang digunakan oleh Google untuk mengurangi emisi karbon ialah merubah cara pengiriman barang. Dengan mengganti cara pengiriman barang menggunakan pesawat menjadi kapal kargo, Google telah mengurangi emisi karbon sebanyak 40%.

Janji Google untuk Menggunakan Komponen Daur Ulang Per 2022
Google berkomitmen buat komponen gunakan bahan daur ulang (Foto: Blog.Google)

Namun, masih ada pertimbangan yang harus dibahas untuk mengaplikasikan cara tersebut secara penuh. Karena waktu pengiriman kapal kargo lebih lama dibandingkan dengan menggunakan pesawat, perlu ada solusi dari divisi Google lainnya untuk memastikan barang sampai ke tangan konsumen tepat waktu.

Ivy Ross selaku kepala tim desain hardware mengatakan perlu ada komitmen antar divisi dalam berkontribusi masalah ini. "Tidak bisa hanya satu divisi saja, semua divisi dalam perusahaan harus ikut serta dalam masalah ini," ucap Ross.

Rencananya yang kedua yaitu komitmen untuk menggunakan komponen-komponen dari bahan baku daur ulang dalam produk mereka di tahun 2022. Rencana ini berawal dari ide tim desain hardware Google.

Baca juga:

Keren Abis! Ini Fitur Baru yang Akan Hadir di Google Maps

Ross merasa bahwa desain tak hanya untuk membuat sebuah barang terlihat cantik atau bagus tapi juga untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Ross kemudian berkata kepada timnya bahwa masalah lingkungan adalah masalah yang penting dan mereka sebagai desainer akan merasa bangga jika dapat berkontribusi dalam mengatasi masalah tersebut.

Janji Google untuk Menggunakan Komponen Daur Ulang Per 2022
Beberapa komponen Chromecast akan dibuat gunakan bahan daur ulang (Foto: Mashable)

Semenjak saat itu, proyek-proyek untuk membuat komponen dari bahan daur ulang mulai banyak dibuat. Bahkan sebelum mereka membuat komitmen tersebut sudah ada beberapa engineer di Google yang menciptakan komponen perangkat Chromecast dari bahan daur ulang.

Google kedepannya akan membuat komitmen-komitmen baru perihal masalah ini. Menurut Meegan, Google melihat hal ini sebagai sebuah peluang baru untuk perusahaan mereka. Produk-produk yang ramah lingkungan yang sekarang diinginkan oleh para konsumen.

Hal ini juga sesuai dengan budaya yang selama dianut Google, yaitu memikirkan dan mencari cara menyelesaikan masalah-masalah besar yang masih menjadi misteri. "Jadi hal ini adalah hal yang kami rasa tepat untuk dilakukan, dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya," ucap Meegan. (sep)

Baca juga:

Google Buat Android Auto Semakin Mirip dengan Ponselmu



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH