Janji Anisha dan Tommy, Anak Buah Hary Tanoesoedibjo Jaga Netralitas Debat Kedua Pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2019 (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Moderator debat capres kedua Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro menegaskan bakal menjaga netralitas dan independensi saat memimpin debat capres kedua yang akan digelar 17 Februari 2019 mendatang.

Pernyataan itu keluar sekaligus menampik dugaan publik bahwa keduanya tidak akan bersikap netral karena merupakan karyawan TV milik salah satu Ketum Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Bagi saya preferensi politik pribadi gak ada hubungannya dengan profesi saya sebagai wartawan atau jurnalis maupun sebagai moderator. Jadi artinya, insyaallah, saya tidak perlu dipertanyakan lagi independensi dan netralitas," kata Tommy Tjokro kepada wartawan usai penandatanganan pakta integritas di Kawasan Thamrin Jakarta, Sabtu (9/2).

Diakuinya, sejak terpilih menjadi moderator debat, tidak ada bentuk intervensi atau intimidasi dari kantor tempat dia bekerja (RCTI). Justru dukungan itu datang dari pihak kantor agar dapat menyajikan hal yang menarik saat mengatur debat nanti.

Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro. (Ist)
Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro. (Ist)

"Oh, gak ada (intervensi), yang pasti kami akan berjuang yang terbaik karena ini demi negara juga mudah-mudahan dalam debat kedua nanti kami dapat menciptakan suasana debat yang cair," katanya.

Seperti halnya Tommy, Anisha Dasuki juga menegaskan tidak ada campur tangan pihak kantor (iNews) setelah dia terpilih menjadi moderator.

Anisha mengatakan, telah berkomitmen untuk menjaga netralitas dan independensi dalam debat, bahkan profesionalime itu sudah lama diterapkannya, sejak menjadi jurnalis.

"Tidak ada intervensi sama sekali dari siapa pun dan balik lagi, sejak menandatangani sebagai jurnalis di situlah saya menetapkan independensi, netralitas, profesionalitas," tandasnya. (Fdi)

Kredit : fadhli


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH