Jangan Tunda Kenali Diabetes Pada Anak Sejak Dini Pentingnya mengetahui risiko diabetes pada anak- anak dan remaja. (Pexels-Nataliya Vaitkevich)

AKTOR cilik pemain seri DANUR 2: MADDAH dan DANUR 3: SUNYARURI Matthew White meninggal dunia pada (23/1). Sebelumnya pada (22/1) ia sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi keesokannya dinyatakan telah meninggal dunia. Pihak management AM PM menaungi aktor cilik tersebut mengatakan Matthew memiliki riwayat penyakit diabetes.

Baca juga:

Mengapa Orang Nunda Bayar Utang Justru Lebih Galak Saat Ditagih

Diabetes pada anak-anak mungkin masih terasa asing di Indonesia. Banyak menganggap tidak mungkin seorang anak menderita penyakit gula. Mereka beranggapan diabetes hanya terjadi pada lansia.

Diabetes atau dikenal sebagai penyakit gula bisa dialami siapa saja, bahkan anak. Cobalah mulai kenali peyakit diabetes pada anak agar bisa ditangani dengan segera.

diabetes
Menjaga pola makan serta melakukan olahraga secara teratur agar tubuh sehat. (Pexels-Trang Doan)

Diabetes, dikutip Alodokter, merupakan penyakit kronis ditandai dengan ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Jika glukosa menumpuk di dalam darah akibatnya tidak diserap sel tubuh dengan baik lalu akan menimbulkan gangguan pada organ tubuh.

Diabetes bisa menyebabkan adanya komplikasi dapat membahayakan nyawa penderita. Ada beberapa tipe diabetes, sehingga perawatan akan didapatkan pun berbeda. diabetes sering di jumpai pada anak-anak dan remaja lumrahnya diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Baca juga:

Bahaya Menunda Buang Air Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

Diabetes tipe 1 disebabkan karena sistem kekebalan tubuh seharusnya melawan bibit penyakit malah keliru menyerang sel- sel penghasil insulin di pankreas, sehingga pankreas (organ memproduksi hormon insulin) mengalami kerusakan, lalu tubuh tidak dapat menghasilkan insulin.

Insulin merupakan hormon pengatur jumlah gula (glukosa) dalam darah dan membantu mentransfer glukosa ke sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun, pada penderita diabetes tipe 1, jumlah insulin kurang menyebabkan tubuh tidak dapat mengelola glukosa menjadi energi.

sakit
Pengelolaan diabetes merupakan hal penting. (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, kondisi kronis mempengaruhi cara tubuh memproses gula, lalu sel tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin secara normal, sehingga kadar gula akan menjadi cukup tinggi.

Tubuh memerlukan insulin cukup untuk bertahan hidup, akibatnya penderita diabetes tipe 1 memerlukan tambahan insulin dari luar dengan menggunakan suntikan atau pompa insulin.

Sedangkan diabetes tipe 2 hanya membutuhkan suntikan insulin ketika kadar gula darah melebihi batas normal dan tidak dapat dikendalikan melalui pola makan.

Penyebab diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko, seperti faktor genetika, lingkungan, dan adanya paparan virus memicu penghancuran autoimun pada tubuh.

Pentingnya kesadaran lingkungan akan anak-anak penyintas diabetes. (Foto: pixabay/tumisu)

Sedangkan pada diabetes tipe 2 ada beberapa faktor mempengaruhi seorang anak rentan terjadi, seperti adanya keturunan riwayat penyakit, berat badan berlebih atau obesitas, kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi gula, dan kurang aktif bergerak.

Gejala diabetes tipe 1 dan 2 sulit dibedakan karena hampir memiliki kesamaan. Gejala umum penderita diabetes ialah sering haus dan buang air kecil, nafsu makan meningkat, berat badan turun, mudah lelah, penglihatan kabur, muncul luka namun sulit sembuh, warna kulit menghitam.

Adapaun pengobatan diabetes berbeda-beda tegantung dengan jenis diabetes diderita. Jika setelah dilakukan pemeriksaan diketahui seorang anak menderita diabetes tipe 1, dokter akan memberikan beberapa pengobatan menurutnya tepat seperti suntikan insulin untuk mengendalikan gula darah serta mengajarkan cara menyuntikkan insulin agar bisa dilakukan dengan sendiri di rumah, obat- obatan, atau pengobatan dengan sistem pankreas buatan.

1 dari 10 Orang Dewasa di Dunia Hidup dengan Diabetes
Diperlukan juga peningkatan informasi tentang diabetes di negara-negara berpenghasilan rendah. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Sedangkan pada diabetes tipe 2, dokter akan memberikan obat antidiabetes ataupun suntikan insulin jika diabetes diderita anak sudah berat.

Ada beberapa cara dapat orang tua lakukan untuk membantu mengontrolnya pada anak dengan cara, membantu mempertahankan kontrol gula darah dengan baik, mengatur pola makan, mengajari pentingnya mengkonsumsi makanan sehat, dan berpartisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur, menjadwalkan kunjungan rutin dengan doker diabetes anak, melakukan pemeriksaan mata tahunan dimulai tidak lebih dari lima tahun setelah diagnosis diabetes awal.

Penyakit diabetes harus didiagnosis sejak dini karena dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius. Terlebih jika memiliki riwayat keluarga diabetes, karena akan lebih beresiko tinggi. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini agar suatu penyakit bisa diketahui sejak dini dan bisa segera ditangani dengan tepat. (pid)

Baca juga:

Tundapedia, Kamus Besar Si Tukang Nunda

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ide Kencan Sambil Berolahraga bersama Pasangan
Fun
Ide Kencan Sambil Berolahraga bersama Pasangan

Kencan bersama pasangan enggak melulu harus romantis.

Mengintip Cara Ruben Onsu Beroleh Cuan Perluas Bisnis Frozen Food
Fun
Mengintip Cara Ruben Onsu Beroleh Cuan Perluas Bisnis Frozen Food

artis sekaligus pengusaha Ruben Onsu dan Jordi Onsu, mengembangkan bisnis kulinernya, dengan membeli sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan beku bernama PT. Nutrindo Rana Sejahtera

November Siap Hadirkan Sejumlah Drakor Seru
Fun
November Siap Hadirkan Sejumlah Drakor Seru

Siap-siap sediakan waktu luang untuk nonton drakor sepanjang November.

Kolaborasi UOB Indonesia untuk Art Jakarta 2022
Fun
Kolaborasi UOB Indonesia untuk Art Jakarta 2022

UOB Indonesia berkolaborasi dengan Art Jakarta 2022 sebagai Lead Partner

Olivia Rodrigo Janjikan Album Terbaru Rilis Pada 2023
Fun
Olivia Rodrigo Janjikan Album Terbaru Rilis Pada 2023

Olivia Rodrigo mengisyaratkannya dalam sebuah potongan video singkat.

Selalu Ditolak, Ini Cara untuk Berhenti Mencintai Seseorang
Fun
Selalu Ditolak, Ini Cara untuk Berhenti Mencintai Seseorang

Jangan terlalu lama menunggu cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Perhumas Ajak Generasi Muda sebagai Agen Perubahan
Fun
Perhumas Ajak Generasi Muda sebagai Agen Perubahan

Generasi muda diajak untuk menjadi agen perubahan yang memberikan solusi positif.

Hadiah Fantastis Dari Pesohor Dunia Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala
ShowBiz
Hadiah Fantastis Dari Pesohor Dunia Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Hadiah dari artis Hollywood ini bikin jiwa misqueen bergejolak

Deputi Ukraina Desak Sony dan Xbox untuk Tangguhkan Akun dari Rusia
Fun
Deputi Ukraina Desak Sony dan Xbox untuk Tangguhkan Akun dari Rusia

Memotivasi masyarakat Rusia untuk menghentikan agresi militer yang tidak manusiawi.

Mobil Bensin Diisi Solar, Apa Akibatnya?
Hiburan & Gaya Hidup
Mobil Bensin Diisi Solar, Apa Akibatnya?

Mobil bensin yang diisi solar memiliki dampak buruk, yaitu mesin akan sulit dihidupkan.