Jangan Tunda Cari Tahu Tentang Informasi NFT Agar Tak Keliru Menjajakan Cari tahu lebih dalam apa itu NFT. (Unsplash-Tezos)

MENCARI tahu tentang sesuatu hal baru memang mengasyikan. Terkadang hal baru tersebut bisa mendatangkan peruntungan, termasuk pundi-pundi. Salah satunya, Ghozali. Pemuda asal Semarang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini menjadi sorotan publik usai menjual NFT swafotonya setiap hari selama lima tahun. Tak tanggung-tanggung NFTnya terjual semilai Rp13,3 Miliar.

Baca juga:

Jangan Tunda Pakai Sunscreen Walau Hanya di Rumah

Selama lima tahun itu, Ghozali melakukan swafoto terhitung sejak berusia 18 hingga 22 tahun. Bercerita di akun Youtube Deddy Corbuzier, Senin (17/1/2022), Ghozali mengatakan tujuannya membuat swafoto harian guna video transformasi dirinya selama lima tahun. Tak disangka swafotonya justru terjual Rp13,3 Miliar.

Keberhasilan Ghozali membuat banyak orang tergiur. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencoba peruntungannya dengan menjual lukisannya bertajuk “Pandemic Self Portrait” di Opensea. Lukisan itu terjual dengan harga 1 ETH (Ethereum) atau sekitar Rp 45,9 Juta. Hasil penjualan lukisan tersebut akan disumbangkan kepada yayasan anak yatim piatu akibat dampak pandemi Covid-19.

Foto Selfie NFT Ghozali Everyday Viral, Warganet Kebingungan
Beberapa foto selfie Ghozali di OpenSea. (Foto: screenshot)

Di sisi lain, ada saja pihak menjual pelbagai macam item bahkan sampai KTP milik banyak orang. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo) Dedy Permadi mengatakan masyarakat perlu merespons tren NFT dengan bijak.

Dedy menyampaikan Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat untuk dapat merespons tren transaksi NFT dengan lebih bijak sehingga potensi ekonomi dari pemanfaatan NFT tidak menimbulkan dampak negatif maupun melanggar hukum.

Baca juga:

Berkaca dari Ghozali, Yuk Jangan Tunda Belajar Hard Skills di Era Digital

"Perlu juga untuk terus meningkatkan literasi digital, agar semakin cakap dalam memanfaatkan teknologi digital secara produktif, dan kondusif," kata Dedy, dikutip ANTARA.

Berkaca pada penjualan KTP sebagai NFT, Dedy mengingatkan sejumlah platform transaksi NFT agar memastikan platformnya tidak menyalahi serta melanggar peraturan perundang-undangan terkait perlindungan data pribadi.

"Menyikapi fenomena pemanfaatan teknologi NFT semakin populer beberapa waktu terakhir, Kementerian Kominfo mengingatkan para platfom transaksi NFT untuk memastikan platformnya tidak memfasilitasi penyebaran konten melanggar peraturan perundang-undangan, baik berupa pelanggaran ketentuan pelindungan data pribadi, hingga pelanggaran hak kekayaan intelektual," ujar Dedy.

NFT
NFT membuat banyak orang tergiut meski tak tahu seluk-beluknya. (Pixabay-mohamed_hassan)

NFT (Non-Fungible Token) merupakan aset digital mewakili objek dunia nyata, seperti seni, musik, serta item dalam gim hingga video. NFT bisa dibeli dan dijual secara daring, umumnya dengan cryptocurrency atau mata uang kripto. NFT umumnya dibuat kode dengan perangkat lunak sama dengan banyak kripto.

NFT memiliki beberapa keungulan, salah satunya terkait dengan tingkat keasliannya. Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada penirunya. Tidak hanya itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikat. Suatu NFT (karya digital) dijual akan memiliki nomor kode dan metadata unik tidak bisa direplikasi.

Kode unik tersebut juga bisa melacak penerbit token, pemilik awal, dan pemilik akhir untuk karya atau barang sifatnya bisa dikoleksi. Banyak blockchain mendukung NFT, tapi paling populer adalah Ethereum (ETH).

Bagaimana Cara Mendapat Keuntungan di NFT?
OpenSea jadi salah satu marketplace NFT. (Foto: Forkast)

NFT diciptakan sebagai representasi aset digital atau non-digital, misalnya animasi, koleksi unik, musik, video animasi, dan masih banyak lagi. NFT akan diaplikasikan ke dalam data apa pun selama memiliki keunikan dan memerlukan kepemilikan secara khusus. Seniman bisa menjual karya NFT mereka ke marketplace, termasuk OpenSea dan Binance.

Setelah menjual hasil karyanya sebagai NFT, seniman bisa mengklaim hasil karyanya sebagai hak cipta serta dapat menjual karyanya sebagai bagian dari royalti. Kreator dapat mengaktifkan pilihan royalti pada saat mengunggah atau minting NFT.

Persentase royalti kisarannya beragam, mulai 10 persen hingga 25 persen, tergantung keinginan dan menyesuaikan juga dengan ketentuan pada marketplace tempat minting NFT. (Rey)

Baca juga:

Jangan Menunda Vaksin COVID-19 Bagi Anak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
bbno$ Rilis Single ‘I Remember’ Sekaligus Umumkan Album Terbaru
ShowBiz
bbno$ Rilis Single ‘I Remember’ Sekaligus Umumkan Album Terbaru

Single ketiga ini memperlihatkan kepiawaian bbno$ dalam berganti gaya rap dengan punchline ciri khasnya

Gaji Karyawan Capcom Naik 30 Persen
Fun
Gaji Karyawan Capcom Naik 30 Persen

Capcom meningkatkan gaji karyawan agar bisa bekerja optimal.

Rayakan Hari Persahabatan Sedunia dengan Emoji dan Stickers
Fun
Rayakan Hari Persahabatan Sedunia dengan Emoji dan Stickers

Menambahkan emoji dan sticker ke dalam percakapan memungkinkan perlihatkan kepribadian.

Berjalan 10 Menit Lebih Lama Tiap Hari untuk Hidup Lebih Panjang
Fun
Berjalan 10 Menit Lebih Lama Tiap Hari untuk Hidup Lebih Panjang

Berjalan kaki bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari.

Warna Pakaian yang akan Mendominasi Industri Fashion Tahun 2022
Fashion
 Fortnite Hadirkan Kolaborasi Terbaru Naruto
Fun
Fortnite Hadirkan Kolaborasi Terbaru Naruto

Epic Games kembali berkolaborasi bersama Weekly Shonen Jump.

Pentingnya Menjalani Hobi di Masa Pandemi
Fun
Pentingnya Menjalani Hobi di Masa Pandemi

Untuk mengurangi stres, dokter saraf Dewanta Sembiring, menjelaskan, bahwa menjalani hobi yang sesuai dengan preferensi individu saat pandemi, penting untuk mengurangi stres

 TokoNFT Jadi Marketplace yang Mengadopsi Sistem Blockchain dan Cryptocurrency
Fun
TokoNFT Jadi Marketplace yang Mengadopsi Sistem Blockchain dan Cryptocurrency

TokoNFT merupakan karya anak bangsa dari Prov. Kep. Bangka Belitung

Hollywood Kenang Sinematografer Halyna Hutchins
ShowBiz
Hollywood Kenang Sinematografer Halyna Hutchins

Halyna Hutchins tidak sengaja tertembak saat syuting.

Dampak Emosional yang Dirasakan Penyintas Kanker Payudara
Fun
Dampak Emosional yang Dirasakan Penyintas Kanker Payudara

Hampir semua penyintas kanker tidak bisa menerima kenyataan ketika dokter memvonis.