Jangan Tunda Asah Bakat Balap di Jalur Resmi

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 28 Januari 2022
Jangan Tunda Asah Bakat Balap di Jalur Resmi
Jangan tunda mengasah bakat balap di jalur resmi (Foto: kabaroto.com)

PARA pencinta balap motor liar di wilayah Jakarta dan sekitarnya beroleh angin segar di awal tahun 2022. Mereka tidak harus lagi 'kucing-kucingan' dengan pihak berwajib. Polda Metro Jaya memfasilitasi para pebalap liar agar di jalur balapan resmi.

Polda Metro Jaya (16/01) menggelar balap liar atau street race di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Gelaran tersebut bukan kejuaraan, melainkan latihan bersama. Meski begitu street race tersebut mendapat antusias luar biasa dari para pencinta balap motor.

Baca Juga:

Laris Manis, Motor Listrik Karya Anak Bangsa 'GESITS' Terjual 4 ribu Unit

Event Street Race yang digelar Polda Metro Jaya mendapat sambutan positif dari pencinta otomotif (Foto: kabaroto.com)

Pada gelaran balap liar difasilitasi Polda Metro Jaya tersebut, setiap orang bisa daftar meski ada sejumlah syarat, salah satunya usia di bawah usia 17 tahun harus izin orangtua.

Setiap peserta wajib membayar Rp 100 ribu untuk asuransi jiwa beserta tiket masuk ke area lokasi beserta motornya. Sementara bagi warga ingin menonton, mesti membayar tiket masuk Ancol sebesar Rp 25 ribu.

Beberapa kelas diselenggarakan, meliputi matik 4 tak, 2 tak, sunmori, bebek 4 tak dan 2 tak, serta kelas vespa. Gelaran perdana street race tersebut pendaftarannya dibatasi sebanyak 350 pendaftar.


Upaya Polda Metro Jaya memfasilitasi arena balap resmi bagi pembalap liar sontak menuai respon positif dari para pencinta otomotif, khususnya kendaran roda dua.

Banyak awalnya tak mengira Polda Metro Jaya benar-benar memfasilitasi pembalap liar. Salah satunya Noval (23), pencinta balap motor sering menyaksikan balap motor resmi dan juga balap motor liar di kawasan Jakarta.

"Enggak nyangka aja sih awalnya, ternyata bener difasilitasi, kalau gini kan jadi enak buat para hobi balap motor jadi bisa tersalurkan bakatnya dengan benar di jalur resmi, bukan ilegal, jadi enggak harus ngumpet-ngumpet lagi," jelas Noval.

Lebih lanjut Noval menyampaikan dengan adanya gelaran tersebut, tentunya para pencinta balap motor di wilayah Jakarta dan sekitarnya semakin terpacu untuk menekuni hobinya dan mencetak prestasi di jalur resmi.

"Kalau semakin banyak event kayak gini, para bakat-bakat baru pasti akan bermunculan. Teman-teman saya sesama pencinta balap motor juga banyak antusias dan daftar. Apalagi biaya pendaftarannya cukup terjangkau, keren banget lah pokonya lanjutkan," tambah Noval.

Balap di jalur resmi merupakan pilihan tepat dibanding membahayakan diri sendiri dan orang lain di balapan liar (Foto: kabaroto.com)

Senada dengan Noval, Rafi (26) mantan 'Joki' Balap liar juga menyambut hangat event street race diadakan Polda Metro Jaya. Menurut Rafi acara tersebut merupakan sebuah gebrakan cukup positif, di tengah masih banyaknya balap liar di jalanan.

"Bagus banget sih street race digelar Polda Metro, sering-sering lah diadakan gitu, terus infonya mau digelar di wilayah tangerang juga, makin banyak event harusnya sih makin sedikit 'liaran', karena wadahnya semakin banyak," jelas Rafi.

Baca Juga:

Yamaha Ramaikan Pasar Sepeda Motor Listrik

Sebagai seorang pernah merasakan pengalaman menjadi 'Joki' balap liar, Rafi berharap banyak pembalap liar berbakat pindah ke jalur resmi.

Lewat event-event resmi, lanjut Rafi, para bakat-bakat di jalanan bisa tersalurkan jadi lebih baik, tidak melanggar hukum, dan lebih safety. Meskipun ia tidak menampik vibes balap liar dan balap resmi berbeda.

Rafi mengaku balapan liar membutuhkan nyali besar dan kecerdikan. Namun, menurutnya, di satu sisi jauh dari kata safety terlebih di balapan liar banyak main curang bahkan 'kecot' atau berujung keributan.

"Udah gitu ngebahayain pengguna jalan lain dan melanggar hukum juga. Kalau di resmi kan enak tuh ada time-nya keliatan, jadi enggak bisa curang colong start. Terus bisa dapat piala dan hadiah uang juga, suatu kebanggan sendiri pastinya," ungkapnya.

Setelah semakin banyak digelarnya event balap resmi, udah enggak perlu lagi balap liar? Yuk jangan tunda lagi untuk mengasah bakat balap di jalur resmi. (Ryn)

Baca Juga:

'Street Race' Lanjut ke Serpong, Kapolda Metro Siap Fasilitasi 'Adik-Adik'

#Wisata #Januari +62 Bicara Yang Tertunda
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan