Jangan Termakan Hoaks Samakan Cuplikan Game ARMA 3 Sebagai Realita Konflik Rusia-Ukraina

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Minggu, 27 Februari 2022
Jangan Termakan Hoaks Samakan Cuplikan Game ARMA 3 Sebagai Realita Konflik Rusia-Ukraina
Jangan termakan hoaks menggunakan cuplikan game ARMA 3 sebagai realita konflik Rusia-Ukraina. (Foto: Bohemia Interactive)

VIDEO pesawat tempur memuntahkan bom di atas pemukiman pada malam hari, lalu dibalas serangan misil bertubi-tubi dari atas bukit beredar luas di media sosial. Video tersebut diklaim beberapa pihak sebagai footage konflik Rusia-Ukraina.

Para pengunggah bahkan memberi semacam tanda merah bertulis breaking news. Video tersebut muncul kali pertama di Facebook telah ditonton lebih dari 110.000 pemirsa secara bersamaan dan dibagikan lebih dari 25.000 kali, hingga kemudian ditarik peredarannya setelah Bloomberg News mengonfirmasi pemilik Facebook Meta Platforms Inc terkeait kebenaran video tersebut.

Baca juga:

Dugaan Plagiarisme untuk MV Girl Grup Baru NMIXX

Meta Platform, seturut konfirmasinya lewat Bloomberg News, telah lama berjuang untuk memoderasi berita menyesatkan atau palsu, termasuk cerita tentang pemilu dan Covid-19. Para ahli mengatakan lebih sulit untuk memoderasi video daripada teks, terutama video langsung, karena sulit bagi kecerdasan buatan untuk menganalisa video saat diputar.

“Menanggapi konflik militer sedang berlangsung di Ukraina, kami telah membentuk Pusat Operasi Khusus untuk merespons secara real time,” kata Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan Meta di akun Twitternya.

arma 3
Tangkapan layar penyataan Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan Meta di akun Twitternya

Pada hari Kamis, layanan Facebook Gaming dibanjiri lebih dari 90 video Arma 3 dengan judul merujuk pada krisis di Ukraina, bahkan beberapa di antaranya ditayangkan langsung selama delapan jam.

Diluncurkan pada tahun 2018, Facebook Gaming jadi jawaban Meta untuk Twitch, layanan streaming langsung game populer Amazon.com Inc.

arma 3
Dirilis di Facebook Gaming dan Twitter demi mendapatkan engagement. (Foto: Bohemia Interactive)

Video diklaim sebagai realita konflik Rusia-Ukraina tersebut ternyata cuplikan video dari game ARMA 3. Dikutip Kotaku, ARMA 3 merupakan game open-world realism first-person shooter digarap dan dipublikasi Bohemia Interactive, dan eksklusif untuk platform Steam.

Game diklaim dapat mengasah taktik perang dan strategi dalam positioning di lapangan luas tersebut berhasil menginspirasi calon developer, seperti PlayerUnknown dengan game PlayerUnknown's Battlegrounds atau kerap disebut sebagai PUBG, salah satu mod pertama ARMA 3 dirilis versi standalone-nya. (dnz)

#Game #Game Online
Bagikan
Bagikan