Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es Sebaiknya angan terlalu lama menyimpan makanan-makanan ini di lemari es (Foto: Pixabay/Pexels)

PASTINYA kamu berpikir bahwa lemari es adalah tempat bagi kamu untuk menyimpan makanan dan mengawetkannya selama mungkin. Untuk sebagian makanan memang itu merupakan suatu hal yang benar, karena tanpa lemari es kita tidak akan bisa menyimpan daging atau susu. Nyatanya terdapat beberapa makanan yang akan kehilangan kesegarannya jika terlalu lama disimpan di lemari es.

1. Bawang Bombay

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Bawang Bombay (Foto: Pexels/Rawpixel)

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui kalau bawang bombay tidak dapat kamu simpan terlalu lama di lemari es, jika terlalu lama bawang bombay dapat berubah menjadi lembek dan lapuk sebelum kamu menyadarinya.

Cara yang terbaik untuk menyimpan bawang bombay adalah dengan cara mengupas dan memotong bawang bombay tersebut dan cukup masukkan ke dalam kantung plastik dan simpan di laci sayur, dan sebisa mungkin untuk menghindari sinar matahari.

2. Bawang Putih

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Bawang putih (Foto: Pexels/Isabella Mendes)

Kamu tidak bisa menyimpan bawang putih dalam lemari es, karena jika kamu menyimpan bawang putih dalam lemari es, kamu akan kehilangan rasa pedas dari bawang putih yang kamu simpan di lemari es itu.

Cara yang paling tepat untuk menyimpan bawang putih dengan menggunakan kantong kertas lalu beri sedikit lubang dan simpan dalam tempat yang memiliki suhu yang sejuk dan kering.

Jika kamu melihat kepala bawang putih sudah rusak pastikan jika kamu akan menggunakannya kurang dari sepuluh hari.

3. Melon

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Melon (Foto: Susanne/Jutzeler)

Melon memang sangat enak jika dimakan saat dingin, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa melon yang disimpan dalam lemari es dapat menurunkan bahkan menghilangkan kandungan antioxidan dalam melon.

Waktu yang paling lama untuk menyimpan melon di lemari es adalah tiga sampai empat hari. Para peneliti juga mengatakan kalau melon akan lebih sehat jika dimakan dengan suhu ruangan.

4. Kacang

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Kacang (Foto: Pexels/Rawpixel)

Memang kacang yang kamu simpan dalam lemari es dapat memperpanjang umur kacang tersebut, tetapi jika terlalu lama mungkin kamu tidak akan mau memakannya karena kacang tersebut sudah kehilangan rasa khasnya.

Cara terbaik untuk menyimpan kacang dengan menaruhnya di wadah yang kedap udara dan tidak langsung terkena sinar matahari.

5. Apel

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Apel (Foto: Pixabay)

Pastinya kamu lebih senang untuk memakan apel saat dingin dan berharap saat kamu menyimpannya di lemari es akan membuat apel itu tetap segar.

Nyatanya ketika kamu menyimpan apel di lemari es kamu akan kehilangan kerenyahan dari apel tersebut. Cara yang tepat menyimpan apel dengan menyimpannya di meja atau wadah untuk beberapa minggu.

6. Avokad

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Avokad (Foto: Pexels/FoodieFactor)

Mungkin kamu sedikit kesulitan untuk memakan avokad dengan tingkat kematangan yang sempurna, dan alpukan tidak akan enak jika kamu memakannya saat kurang matang ataupun terlalu matang.

Rasa dari avokad yang kurang matang membuatmu seperti menggigit kentang mentah dan jika terlalu matang akan sangat lembek dan menghitam. Jika kamu memiliki avokad yang sudah matang tetapi kamu belum ingin memakannya.

Cobalah untuk menyimpan avokad itu di lemari es dua sampai tiga hari agar tetap enak dimakan.

7. Roti

Jangan Terlalu Lama Menyimpan 7 Makanan Ini di Lemari Es
Roti (Foto: Pixabay)

Pada umumnya roti mudah sekali untuk rusak dan tidak dapat bertahan lama setelah di produksi. Kebanyakan orang akan menyimpannya dikulkas dengan harapan mencegah tumbuhnya jamur, memangbenar hal itu membantu.

Tapi, roti yang terlalu lama di lemari es bisa mengering sehingga kamu tidak bisa memakannya. Jadi cara yang paling baik untuk kamu menyimpan roti dengan disimpan di laci makanan atau di meja makan saja. (ape)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH