Jangan Tergantung Orang Lain, Hibur Diri Sendiri saat Sedih Sedih itu wajar (Foto: pexels/Juan Pablo)

TIDAK ada salahnya merasa sedih. Perasaan ini sangatlah manusiawi, karena merupakan sebuah reaksi terhadap perubahan dari suatu kondisi ke kondisi lainnya.

Saat sedih, hampir setiap orang memiliki caranya sendiri untuk membahagiakan dirinya. Contohnya seperti pergi jalan-jalan bersama teman, nonton film, atau sekedar pergi makan keluar. Tapi tak jarang juga ada yang ingin menenangkan dirinya sendiri tanpa adanya kehadiran orang lain.

Baca juga:

Jangan Sedih, Menjomlo Bikin Kamu Bisa Makan Enak

Memang betul. Tak perlu tergantung dengan orang lain, hibur diri sendiri saat sedih dengan cara ini:

1. Mudah tertawa dan murah senyum

Cobalah untuk mudah senyum dan tertawa agar tidak terbebani (Foto: pexels/Kat jayne)

Senyum merupakan sebuah senjata khusus yang diberikan Tuhan kepada manusia. Ketika tersenyum, otak kita akan melepas hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati, sama seperti ketika sedang berolahraga atau melakukan hal yang disenangi. Tersenyum dan tertawa bisa membantu kita untuk menghibur diri. Tidak perlu orang lain juga lho agar bisa tersenyum. Tonton film komedi atau baca buku humor. Kamu pasti akan tersenyum lebar dengan sendirinya.

2. Alihkan pikiran

Cobalah untuk bertemu dengan temanmu agar pikiranmu bisa teralihkan dan tidak berfokus pada satu masalah (Foto: pexels/pressmaster)

Ketika sedih, biasanya akan sulit untuk kita bisa memikirkan hal yang lain. Biasa kita hanya akan terpaku pada satu hal yang membuat kita sedih dan semakin terpuruk. Ini juga merupakan salah satu hal yang wajar ketika sedih, tapi jangan sampai berlarut-larut. Cobalah untuk mencari hal menyenangkan untuk mengalihkan perhatian dari kesedihan dan mengurangi stres. Tidak perlu menghindar, tapi cari kegiatan saja.

Baca juga:

Sedih dan Depresi, Sama atau Tidak?

3. Tulis perasaan

Cobalah untuk jujur pada diri sendiri agar kamu lebih mengenal dirimu sendiri (Foto: pexels/judit peter)

Tulis buku harianmu sendiri. Siapkan buku catatan atau jurnal untuk menulis apa yang kamu rasakan dan pikirkan. Menulis akan membuatmu lebih bisa menerima dan berdamai dengan keadaan. Menulis apa yang dirasakan atau dipikirkan juga membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri dibanding sebelumnya. Kamu pun akan lebih jujur kepada diri sendiri.

4. Menangislah

Menangislah agar perasaanmu lebih lega (Foto: pexels/Steven Arena)

Menangis kadang kala bisa menjadi sarana untuk memperbaiki suasana hati. Walaupun tidak mau, tetapi berguna untuk membantu kita meluapkan perasaan hati yang terpendam. Menahan tangis sama saja dengan memendam kesedihan yang menyesakkan dada dan membuat kita semakin sedih dan terpuruk. Jangan malu, menangislah agar kamu bisa jauh lebih lega.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kesedihan yang bisa kamu coba. Tak apa merasa sedih, jangan menyalahkan dirimu. Nikmatilah segala proses yang kamu hadapi dan lewati masa-masa sedih itu. Semangat! (lio)

Baca juga:

Bahagia Itu Enggak Mahal



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH