Jangan Takut Kehilangan Sinyal Saat Mudik Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Merahputih.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan jaringan telekomunikasi di sepanjang jalur arus mudik aman, begitu pula nantinya saat arus balik masyarakat yang akan pulang ke rumah usai berlebaran di kampung halaman.

"Aman, aman sudah diantisipasi karena operator seluler kan mengikuti pergerakan manusia, nah yang tadinya Cipali saja, Brexit, sekarang diteruskan tolnya, jadi ke jalur panturanya berkurang, larinya ke tol," kata Rudiantara di rumah dinasnya, Jumat (15/6).

Ia mengatakan para operator seluler telah mengantisipasi kesibukan saat arus balik nantinya setelah melihat pola arus mudik yang telah berjalan. "Kita lihat kemarin puncak mudik dua kali, jadi Sabtu lima hari yang lalu, dan dua tiga hari lalu, nantikan arus pulangnya lebih pendek kan, kalau dua-duanya jalan, seharusnya tidak melebihi profil yang ada, aman Insya Allah," katanya dikutip Antara.

Ia mengemukakan melihat banyaknya pemudik yang melewati jalan tol, para operator seluler melakukan optimalisasi jaringan dengan menempatkan lebih dari 100 mobile BTS di sepanjang tol tersebut.

Salah satu operator yang ikut memperkuat jaringannya adalah Telkomsel. Direktur Utama Telkomsel, Ririek Ardiansyah mengatakan Telkomsel memperkuat jaringan di 800 titik dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama mudik lebaran 2018.

"Kami perkirakan trafik komunikasi akan melonjak hingga 40 persen dari biasanya, maka demi memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama mudik, kami perkuat jaringan di lokasi yang akan banyak dilalui oleh masyarakat," kata Ririek.

Tol Jagorawi
Arus kendaraan di Tol Jagorawi (Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya)

Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel, sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, serta 666 BTS 4G.

Dengan pelayanan itu maka para pelanggan dapat menikmati layanan telekomunikasi seperti telepon, sms dan internet dengan lancar. Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G. Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung 167.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 35.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

Telkomsel yang didukung dengan tekonolgi TTD (Time Division Duplex) 2,3 GHz hadi di titik-titik keramain untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran pelanggan mengunggah momen kebersamaan di media sosial. Selain memperkuat jaringan, Telkomsel menyiapkan pos layanna berupa 91 GraPari, 63 MOGI (Mobile GraPARI), serta membuka 127 pos layanan dan penjualan yang tersebar di lokasi utama jalur mudik maupun wisata. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH