Jangan Sering Berikan Nugget pada Anak Hindari Memberikan Nugget Sebagai Bekal Anak (Foto: Pixabay/Adoproducciones)

HARUS menyiapkan keperluan anak sejak pagi seperti bekal makanan agak-agak ribet. Tak jarang orangtua memilih menyiapkan bekal anak berupa nugget. Menyiapkannya praktis dan sudah pasti enak rasanya. Anak pun dijamin tidak akan menolak jika dibawakan bekal berupa nugget. Berbeda dengan makanan sehat seperti sayur yang seringkali disingkirkan oleh anak dan tidak dimakan sama sekali.

Laman boldsky menuliskan bahwa mengkonsumsi nugget secara berkala sangat buruk untuk kesehatan anak. Di masa pertumbuhan, si kecil membutuhkan nutrisi yang bagus untuk menunjang perkembangan sel-sel otak serta kekuatan tubuhnya. Ayo bunda mulai sekarang siapkan bekal anak yang sehat karena nugget dapat menimbulkan banyak penyakit. Apa saja ya?

Baca Juga: Penyakit yang Mengincar Anak Obesitas


1. Obesitas

nugget
Memiliki kadar lemak tinggi menyebabkan obesitas. (Foto: Pixabay/Jarmoluk )

Nugget memiliki kadar kalori dan lemak yang sangat tinggi. Meskipun rasanya enak dan mampu mengenyangkan dalam jangka waktu yang cukup lama tetapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sulit dipecah oleh tubuh. Lama-lama kalori dan lemak yang tidak bisa dipecah akan menumpuk pada organ-organ dalam yang sangat penting. Kalau sudah begitu meskipun masih usia muda, anak bisa terkena serangan jantung.


2. Kelebihan Sodium

sodium
Dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. (Foto: Pixabay/Bru-nO)


Kadar sodium yang tinggi dalam nugget dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada anak. Aktivitasnya akan terganggu karena sering mengalami sakit kepala, pegal di sekitar tulang leher, dan mendadak mengalami kunang-kunang sampai pingsan.

Baca Juga: Manfaat Saat Sering Mengonsumsi Telur Puyuh

3. Gangguan Sistem Reproduksi

nugget
Gangguan sistem reproduksi (Foto: Pixabay/Basti93)


Kelebihan berat badan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga akan mengganggu sistem reproduksi anak yang sedang mengalami masa pubertas. Terlebih kebanyakan hewan yang dijadikan bahan dasar nugget disuntik hormon terlebih dahulu agar dagingnya gemuk dan juicy. Anak bisa terlalu cepat mendapatkan haid pertamanya karena kelebihan hormon atau periode haidnya menjadi kacau dan jarang datang bulan. Kalau begini terus bisa mengalami kemandulan.


4. Diabetes

nugget
Nugget tidak bebas gluten. (Foto: Pixabay/Stevepb)


Tepung yang digunakan dalam melapisi nugget tidak bebas gluten sama sekali. Hal ini mengakibatkan tingginya kadar gula yang akan menyebabkan penyakit diabetes pada anak. Jika anak sudah terjangkit penyakit ini, mereka harus bergantung pada obat insulin. (mar)

Baca Juga: Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH