Jangan Sepelekan Makan Malam Lebih Awal Bahaya makan larut malam untuk tubuh.(Foto; Unsplash/Pablo Merchan)

SERING enggak teratur kalau mau makan malam? Mulai sekarang, sebaiknya kamu memperbaiki jam makan malammu. Hal ini penting banget dilakuin apalagi kamu yang lagi diet.

Kalori adalah kunci utama yang membuat berat badanmu naik. Sehingga bila kamu makan kalori lebih banyak akan berpengaruh untuk timbanganmu. Namun, waktu makan ternyata mempengaruhi juga dalam berat badan kita.

Baca Juga:

Ini yang Terjadi Jika Kamu Makan Malam Terlalu Larut

makan
Makan yoghurt menjadi pilihan untuk makan malam yang sehat. (Foto: Unsplash/Julian Hochgesang)

Dilansir dari Healthline.com, makan terlambat akan mengakibatkan pada penambahan berat badan. Hal ini juga dikaitkan dengan jam makan malam yang telat akan juga mengakibatkan kadar gula darah tinggi.

Tidak hanya itu penelitian juga menunjukkan bahwa makan malam terlambat akan mengakibatkan obesitas. Menurut profesor kedokteran menjelaskan kepada Healthline.com, penelitian dilakukan pada 10 wanita dan 10 pria untuk melihat bagaimana metabolisme mereka ketika makan malam pada jam 22.00 dan tidur pada pukul 11 malam.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka lebih tinggi. Kemudian jumlah lemak yang dibakar pun juga lebih rendah. Meskipun makanan yang mereka konsumsi itu sama. Penelitian ini juga membuktikan bahwa orang yang telat makan memiliki kadar gula darah naik 20% dan pembakaran lemak berkurang 10%.

Baca Juga:

Ini Waktu Paling Tepat Makan Malam Biar Berat Badan Cepat Turun

makan
Makan malam terlambat akan mengakibatkan obesitas. (Foto: Unsplash/I Yunmai)

Ini membuktikan bahwa waktu makan sangat berpengaruh untuk tubuh kita, terutama dalam mengontrol kalori. Selain itu, dengan mengatur waktu makan kita akan membantu mencegah adanya risiko penyakit jantung atau diabetes. Terutama untuk orang dewasa, kalori di malam hari merupakan makanan berat yang harus dibakar oleh tubuh.

Untuk itu lebih baik mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti yoghurt yang diberi taburan kacang-kacangan pada sore hari. Kurangi rasa makan besar di malam hari dengan menggantinya dengan salad beserta ayam panggang atau buah. Hal ini bisa menjadi makan makanan berat di malam hari, kamu bisa memakan makanan berat di siang atau pagi hari saja.

Jadi sebaiknya hindari makan makanan pada larut malam, meski pun tidak menambahkan kalori di dalamnya. Bila harimu panjang, kamu bisa menyiapkan cemilan sehat di sore hari untuk mengurangi rasa lapar di malam harinya. (ren)

Baca Juga:

Orang yang Makan di Larut Malam Cenderung Mengonsumsi Kalori dan Junk food Lebih Banyak


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH