Jangan Sembarangan Pakai VPN, Berikut 3 Rekomendasi yang Aman Digunakan Daftar VPN yang aman digunakan (Foto: Pixabay/Absolut Vision)

BELAKANGAN ini, Virtual Private Network dikabarkan memiliki dampak yang tidak baik bagi perangkat yang menggunakannya. Mulai dari pencurian data, penurunan kecepatan internet, hingga munculnya iklan-iklan yang tidak kita inginkan saat memasang aplikasi VPN tersebut. Lantas, adakah aplikasi VPN gratis yang aman kita gunakan? Berikut daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis dan aman.

1. Softether VPN Project

3 Rekomendasi VPN Gratis yang Aman Digunakan
VPN buatan salah satu universitas di Jepang (Foto: Softether.org)

Softether merupakan aplikasi yang dibuat berdasarkan dari proyek salah satu universitas Tsukuba, di Jepang. VPN Project ini diperuntukkan untuk perusahaan yang memang berada di ranah keamanan siber.

Jika anda menggunakan Softether VPN sebagai perusahaan, akan ada biaya khusus yang diberikan oleh pihak Softether.

Akan tetapi, Softether VPN juga bisa digunakan sebagai personal atau non-commercial dengan lisensi gratis. Jadi, dengan latar belakang Softether VPN yang merupakan sebuah organisasi pendidikan. VPN ini aman untuk digunakan.

2. AnchorFree (Hotspot Shield)

3 Rekomendasi VPN Gratis yang Aman Digunakan
VPN buatan perusahaan keamanan siber AnchorFree (Foto: HotspotShield.com)

AnchorFree merupakan perusahaan yang bertanggung jawab dari salah satu aplikasi yang mereka buat yaitu Hotspot Shield. Perusahaan yang memang berada di ranah keamanan siber ini, menawarkan beberapa aplikasi VPN mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Dengan company profile yang jelas dari perusahaan AnchorFree dan tim serta direktur yang ditampilkan di website www.anchorfree.com. Menjadikan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh pihak AnchorFree ini dapat dipertanggung jawabkan keamanannya.

Meski Hotspot Shield dan aplikasi-aplikasi lainnya mendapati adanya paket-paket berbayar. Aplikasi dari AnchorFree ini tetap ada paket gratisannya.

Namun dengan catatan sendiri bahwa, aplikasi AnchorFree akan menampilkan iklan dalam aplikasinya. Enam aplikasi AnchorFree : Hotspot Shield, Betternet, Hexatech, TouchVPN, VPN in Touch, dan Privacy Wizard.

3. TunnelBear

3 Rekomendasi VPN Gratis yang Aman Digunakan
Aplikasi VPN TunnelBear menawarkan lebih dari 1000 server (Foto: TunnelBear.com)

Aplikasi VPN TunnelBear merupakan aplikasi yang menyediakan lebih dari 1000 server, 20 lokasi server dan 5 perangkat dalam satu aplikasi.

Sama halnya dengan SoftEther dan AnchorFree, TunnelBear merupakan perusahaan yang berfokus pada ranah keamanan siber.

Memiliki dua anak aplikasi, TunnelBear dan RememBear serta tim yang jelas identitasnya. Membuat aplikasi TunnelBear dan RememBear menjadi salah satu aplikasi yang cukup aman dalam posisi ketiga di artikel ini. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH