Jangan Segan Mandi Pakai Air Dingin, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh Berbagai manfaat mandi menggunakan air dingin (Foto: fashion beans)

KETIKA suhu terlalu dingin namun kamu harus tetap mandi setiap harinya, air hangat kerap menjadi solusi terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut. Walau kebanyakan orang memilih air hangat untuk mandi di pagi atau malam hari agar tubuh terasa lebih nyaman, namun dengan mandi pakai air dingin ternyata juga ada manfaatnya lho untuk kesehatan tubuh! Dingin itu cool, dan cool itu keren. Melansir laman msn.com, Yuk kita simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

1. Menurunkan Lemak

Jangan Segan Mandi Pakai Air Dingin, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh
Tak disangka mandi air dingin pun bisa menurunkan lemak (Foto: DNA India)

Dengan mandi menggunakan air dingin atau menggunakan es ternyata itu bisa membakar lemak di tubuh kamu lho! Menurut Menprovement, "Banyaknya aktivitas dari dalam tubuh juga bisa menurunkan lemak. dan menggunakan air dengan temperatur yang dingin juga bisa menurunkan lemak 15 kali lebih banyak daripada biasanya."

2. Menambah Imunitas

Jangan Segan Mandi Pakai Air Dingin, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh
mandi air dingin menambah tingkat imunitas tubuh (Foto: Everyday Health)

Selain menurunkan lemak, mandi menggunakan air dingin dapat menambah imunitas atau daya tahan tubuh kamu lho! Jadi kamu tidak akan gampang sakit.

Menurut studi di Inggris menjelaskan bahwa mandi menggunakan air dingin akan memicu metabolisme dan memperbanyak sel darah putih didalam tubuh, dengan melakukannya kamu bisa dengan mudah melawan penyakit yang masuk kedalam diri kamu.

3. Mengurangi Stres

Jangan Segan Mandi Pakai Air Dingin, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh
Air dingin bisa Menghilangkan Stres (Foto: Check Bio Tech)

Jika kamu sedang dalam kondisi stres, baik pikiran atau badan, cobalah untuk mandi menggunakan air dingin. Mandi menggunakan air dingin bisa memotong tingkat asam urat dan memperkuat glutathione didalam darah, sehingga dengan melakukannya itu bisa menurunkan tingkat stres.

4. Menambah Hormon Testosteron

Jangan Segan Mandi Pakai Air Dingin, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh
Air dingin bisa menambah hormon testosteron (Foto: Sporthotel Igis)

Hal ini sangat baik untuk para pria, karena dengan mandi menggunakan air dingin itu akan mempengaruhi protein, RNA, dan DNA kamu didalam testis. Sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas hormon yang lebih baik dan pada gilirannya itu bisa menambah tingkat kesuburan.

5. Mempercepat Penyembuhan Otot

Jangan Segan Mandi Pakai Air Dingin, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh
Mandi air dingin mempercepat penyembuhan otot (Foto: Mens Health)

Cobalah untuk mandi dengan air dingin setelah kamu beraktivitas seperti berolahraga, gym, atau bekerja keras. Karena dengan kamu mandi menggunakan air dingin akan mempercepat otot kamu yang pegal.

Baca juga:

Seberapa Sering Seharusnya Kamu Perlu Mandi? Berikut Penjelasan Ahli Dermatologi

Saat Melancong, Jangan Selalu Mandi Air Hangat

Studi di tahun 2009 telah keluar dengan hasi penelitian yang mencengangkan, dengan mandi menggunakan air es dapat mempercepat sirkulasi dan menghilangkan asam laktat didalam tubuh. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH