Jangan Sampai Terjebak 'Rebound Relationship', Ikuti 4 Tips Pasca Putus Cinta Ini! Yuk hindari rebound relationship. (Foto: pixabay/free-photos)

KETIKA seseorang baru saja putus hubungan, maka perasaan-perasaan seperti kesepian, kehilangan, penyesalan, malu, bingung dan duka wajar saja dirasakan. Kebanyakan orang akan berusaha menutupi rasa sakitnya, entah dengan berduka selama beberapa waktu, menutup hati, sampai dengan melakukan hal-hal yang akan kamu sesali.

Maka dari itu, tidak jarang terjadi hubungan dengan orang baru yang merupakan pelampiasan atas hubungan sebelumnya. Meskipun terkadang mencari pelampiasan dapat membuatmu melupakan rasa sakit dan membantu kamu untuk move on, namun rasanya jahat untuk memperlakukan orang lain dengan menyia-nyiakan perasaan dan waktunya hanya untuk membuatmu merasa lebih baik.

Untuk membantumu terhindar dari hal-hal yang akan kamu sesali, yuk perhatikan beberapa tips agar kamu tidak terjebak dalam rebound relationship.

1. Jangan langsung memulai hubungan baru

Jangan Sampai Terjebak 'Rebound Relationship', Ikuti 4 Tips Pasca Putus Cinta Ini!
Hubungan baru langsung ketika putus berpotensi terjadinya pelampiasan. (Foto: pixabay/pexels)

Ketika kamu baru putus, maka kamu sedang merasakan emosi yang sedang rentan dan rapuh. Jika kamu langsung memulai hubungan baru, maka kamu akan kesulitan memisahkan perasaan cinta yang sesungguhnya, dengan perasaan ingin mengisi kekosongan yang diakibatkan oleh mantan pacarmu.

Terlepas dari pasangan barumu mengetahui kondisimu yang baru putus atau tidak, namun rasanya kamu tidak dalam kapasitas untuk membuat keputusan emosional tanpa konsekuensi jangka panjang.

2. Hindari hubungan Friends With Benefits (FWB)

Jangan Sampai Terjebak 'Rebound Relationship', Ikuti 4 Tips Pasca Putus Cinta Ini!
Hindari friends with benefit setelah putus. (Foto: pixabay/sasint)

Kamu mungkin saja mengalami perubahan dalam kehidupan ketika kamu putus, namun sebisa mungkin hindari hubungan pertemanan hanya sebatas demi memuaskan kebutuhan seksual. Selain merusak pertemanan, FWB juga dapat menimbulkan isu miring mengenai imej kamu dan temanmu.

Baca juga:

Masih Galau Setelah Putus Hubungan? Ketahui 4 Fakta di Balik Sebuah Perpisahan

6 Pertanda Kamu dan Mantan Menyesal atau Belum Bisa Move on

4 Tanda Bahwa dia Bukan Jodohmu Meski Kalian Sama-Sama Cinta

3. Jangan mencari-cari mantan terakhirmu

Jangan Sampai Terjebak 'Rebound Relationship', Ikuti 4 Tips Pasca Putus Cinta Ini!
Hindari kontak terlalu dekat dengan mantan terakhirmu ketika habis putus. (Foto: pixabay/adamkontor)

Meskipun menjalin hubungan pertemanan dengan mantan pacarmu merupakan hal yang baik, namun sebaiknya hal itu tidak dilakukan ketika sehabis putus.

Selain menimbulkan bencana secara emosional, terus menjalin komunikasi dengan mantan terakhirmu diibaratkan sebagai lumpur di air jernih, mengeruhkan suasana diantara kalian berdua.

Menghabiskan waktu bersama lagi juga bisa membuatmu semakin susah move on dan semakin membuat kalian merasakan sakit.

4. Jangan mengkonsumsi obat terlarang dan kecanduan minum alkohol

Jangan Sampai Terjebak 'Rebound Relationship', Ikuti 4 Tips Pasca Putus Cinta Ini!
Hindari konsumsi obat terlarang untuk mencegah seks bebas. (Foto: pixabay/jill111)

Ketika sedang rapuh dan rentan, sebisa mungkin hindari penggunaan obat-obatan terlarang dan minum-minuman beralkohol, yang bisa berakibat pada hubungan seksual bebas, kekerasan, serta kehamilan yang tidak diinginkan.

Hal-hal tersebut lebih berpotensi terjadi dalam rebound relationship ketimbang saat menjalani hubungan percintaan yang lebih serius dan dalam jangka waktu panjang. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH