Jangan Simpan Makanan Ini di Dalam Kulkas

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 23 November 2018
Jangan Simpan Makanan Ini di Dalam Kulkas
Ada beberapa bahan makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Foto: Pexels/Susanne Jutzeler)

MENYIMPAN bahan pangan dalam lemari es seakan sudah menjadi tradisi buat ibu-ibu. Selain mencegah busuknya makanan, lemari es juga menjaga makanan dalam kondisi segar, terhindar dari serangga, dan terlihat lebih rapi.

Namun, tidak semua makanan baik untuk disimpan dalam lemari es. Ada beberapa makanan yang tidak bagus disimpan dalam kulkas. Jikam masih dipaksain banyak dampak yang terjadi mulai dari kehilangan cita rasanya, kandungan nutrisi, bahkan sampai mempercepat proses pembusukannya.

1. Roti

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/ChordMediaStuttgart)
Zat pati dalam roti akan berubaah menjadi gula bila disimpan dalam lemari es. (Foto: Pixalbay/ChordMediaStuttgart)

Meskipun termasuk sebagai makanan yang cukup sering dijumpai dalam lemari es, sebenarnya roti termasuk makanan yang tidak boleh. Seperti dilansir Go-Dok, roti lebih dianjurkan untuk disimpan dalam suhu ruangan.

Zat pati dalam roti akan berubah menjadi gula dengan cepat dalam suhu dingin. Hal ini mendukung proses mengerasnya tekstur roti. Hasilnya, roti menjadi tidak selezat aslinya.

2. Rempah

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/Monicore)
rempah harus disimpan di luar lemari es. (Foto: Pixalbay/Monicore)

Sebenarnya, rempah-rempah juga tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari es agar bisa tahan lama. Rempah-rempah seperti kemiri, laos, dan sebagainya bisa bertahan dalam suhu ruangan cukup lama.

Selain itu, menyimpannya dalam lemari es akan membuat aromanya berkurang. Tentunya, hal ini juga memengaruhi kelezatan masakan yang dihasilkan.

3. Kentang

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/Congerdesign)
Kentang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Foto: Pixalbay/Congerdesign)

Jika kamu terbiasa menyimpan kentang dalam lemari es, mulai sekarang pindahkan kentang tersebut ke dalam wadah kertas. Suhu lemari es yang dingin akan memengaruhi kesegaran rasa kentang. Kentang akan bertahan dengan baik di sekitar kertas, yang cenderung menyerap kelembapannya.

4. Bawang

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/moreharmony)
Bawang akan melunak jika disimpan dalam lemari es. (Foto: Pixalbay/moreharmony)

Mengapa bawang putih termasuk ke dalam makanan yang tidak boleh di simpan di lemari es? Menyimpan bawang putih di dalam lemari es akan membuatnya melunak. Aroma bawang putih yang kuat juga akan memengaruhi makanan lain di dalam lemari es, terutama makanan yang berada di dekatnya.

Cara terbaik menyimpan bawang putih adalah memasukkannya ke dalam wadah kertas, lalu meletakkannya di tempat kering, bersuhu ruangan, dan gelap. Akan lebih baik jika menjauhkannya dari kentang.

5. Tomat

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/Couleur)
Tomat lebih baik disimpan dalam suhu ruangan. (Foto: Pixalbay/Couleur)

Lihatlah perbedaan tomat yang disimpan dalam lemari es dan di suhu ruangan. Tomat yang disimpan dalam wadah kertas di suhu ruangan cenderung lebih segar. Sementara tomat yang disimpan dalam suhu di bawah 50 Celcius kulitnya cenderung mengkerut.

Kandungan air di dalamnya juga berkurang. Meskipun tomat lebih cepat matang dalam suhu dingin, cita rasanya aslinya akan jauh berubah.

6. Kecap

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/ANDRODYN)
Kecap akan menheras jika disimpan dalam lemari es. (Foto: Pixalbay/ANDRODYN)

Kecap olahan pabrik telah mengandung bahan pengawet makanan di dalamnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot menyimpannya dalam lemari es. Selain itu, suhu lemari es dapat membuat tekstur kecap mengeras sehingga akan sulit untuk dikeluarkan dari kemasannya.

7. Kopi

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/Lernestorod)
Cita rasa kppi akan berubah bila disimpan dalam lemari es. (Foto: Pixalbay/Lernestorod)

Tentunya, para penggemar kopi mengetahui hal ini. Suhu dingin lemari es dapat mengkondensasi kopi. Akibatnya, cita rasa kopi akan terpengaruh. Kopi bubuk maupun biji sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan.

8. Melon

Gambar makanan yang tidak baik disimpan dalam lemari es. (Pixalbay/Erbs55)
Melon akan kehilangan antioksidannya jika disimpan dalam lemari es. (Foto: Pixalbay/Erbs55)

Apakah kamu pernah menyimpan melon di lemari es? Jika iya, segeralah hentikan karena melon merupakan salah satu dari makanan yang tidak boleh di simpan di lemari es. Antioksidan yang terkandung dalam melon akan berkurang jika disimpan dalam lemari es. Namun jika kamu telah memotong buah melon tersebut, simpanlah dalam lemari es untuk mencegah pembusukan yang berlangsung lebih cepat dalam kondisi ini.

Nah, itu beberapa makanan yang tidak boleh di simpan di lemari es. Jika masih melakukannya, mulai sekarang sebaiknya hentikkan, ya. Semoga bermanfaat! (zaim)

Baca Juga: Ale-ale, Buruan Para Pecinta Kerang di Kalbar

#Makanan Aceh #Buah #Kesehatan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan