Jangan Sampai Ada 'People Power' Setelah Pemilu, Megawati Sindir Amien? Megawati Soekarnoputri menyapa ribuan kader PDIP di Soloraya (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berharap hajatan Pemilu 2019 tak ada keributan, apalagi sampai melakukan gerakan people power jika jagoannya kalah.

"Yang kalah bisa menerima dengan lapang dada," kata Megawati, kepada wartawan usai pencoblosan di Jakarta, Rabu (17/4).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan apa yang diucapkan Megawati adalah upaya untuk mewaspadai gerakan massa bila ada kekalahan. "Jangan sampai ada ancaman-ancaman lagi kalah pemilu mau melakukan people's power. Maka tadi ibu Megawati Soekarnoputri mengingatkan," kata dia.

Hasto
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (MP/Ponco Sulaksono)

Untuk diketahui, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengaku sudah menyiapkan aksi apabila ada dugaan kecurangan dalam agenda lima tahunan tersebut. Aksi itu, bukanlah melaporkan kecurangan pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK), tapi langsung menggelar people power.

"Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Nggak ada gunannya, tapi kita people power. People power sah," kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 31 Maret silam.

Ketua Dewan Pengarah Prabowo-Sandi Amien Rais
Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi Amien Rais. (MP/Ponco)

Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno itu kembali menyuarakan gerakan people power usai menyalurkan hak politiknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dulu dengan people power, kita bisa menghilangkan dwi fungsi ABRI, menikmati otonomi daerah, dan kebebasan pers," kata Amien, kepada wartawan di TPS 123 Gondang Raya Condong Catur Sleman, Rabu (17/4). (Knu)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH