Kesehatan

Olahraga saja Enggak Cukup Turunkan Berat Badan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 08 Januari 2018
Olahraga saja Enggak Cukup Turunkan Berat Badan
Hasil menurunkan berat badan dari berolahraga hanya sedikit (Foto: pixabay)

MUNGKIN Anda selalu bertanya-tanya bagaimana cara efektif menurunkan badan. Pastinya Anda selalu berpikir untuk berolahraga agat berat badan cepat turun. Tidak mengherankan jika akhirnya Anda jadi rajin ke pusat kebugaran.

Namun, tidak sedikit juga lo yang gagal karena susah konsisten ke gym. Bukan hanya karena malas, bisa jadi kesibukan yang padat membuat siapa saja tidak sempat pergi ke gym.

Jangan khawatir, sebenarnya mengurangi berat badan tidak perlu repot ke gym. Cukup dengan mengurangi asupan makan Anda.

Seperti dikutip dari Science Alert, Pilip Stanforth, seorang profesor ilmu olahrga di Universitas Texas yang juga menjabat Direktur Eksekutif Institut Kebugaran Texas, mengatakan mengurangi asupan makanan akan lebih berdampak ketimbang berolahraga untuk menurunkan berat badan.

"Studi cenderung menunjukkan bahwa dalam hal penurunan berat badan, diet memainkan peran jauh lebih besar daripada olahraga," kata Stanforth

Menurutnya, latihan membutuhkan usaha keras dan harus konsisten. Untuk melihat hasilnya juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahkan, kata Stanforth, dengan berolahraga kalori yang terbakar tidak banyak.

Akan lebih efektif jika Anda memangkas kalori untuk menurunkan berat badan (Foto: pixabay)

Alternatif yang bisa dilakukan ialah mengurangi asupan makanan atau diet. Terutama yang mengandung tinggi gula, kalori, dan lemak. Dalam waktu yang lebih singkat, hasilnya dapat terlihat jika 'memotong' asupan tersebut. Lingkar pinggang menjadi area paling terlihat terkait dengan diet Anda.

"'Potong asupan Snickers (camilan) daripada melakukan 8 kilometer berjalan setiap hari," katanya lagi.

Penelitian lain juga menguatkan pendapat Stanforth. Hasil terhadap 20 penelitian yang melibatkan lebih dari 3.000 orang yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition pada 2014 menemukan bahwa diet protein tinggi dan penggantian makanan (pengganti kalori rendah untuk makanan yang lebih berat) memiliki hasil yang lebih baik.

Dengan demikian, diet lebih membantu daripada melakukan olahraga. Oleh karena itu, Anda tidak perlu berolahraga ekstra keras untuk mengurangi beberapa kilogram berat Anda.

Olahraga akan membantu Anda mempertahankan berat badan (Foto: pixabay)

Akan tetapi, bukan berarti olahraga sama sekali tidak memiliki peran dalam menurunkan berat badan. Diet memang paling membantu untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, jika ingin tetap memiliki berat badan stabil, tentunya harus dibarengi dengan olahraga.

Artinya, olahraga akan membantu mempertahankan berat badan Anda setelah menurunkan berat badan dengan diet. Jika malas berolahraga berat, cukup konsisten joging di pagi hari atau sore hari selama 15-20 menit.

Jadi tidak perlu merasa bersalah jika Anda malas berolahraga. Merasa bersalah lah ketika Anda tidak bisa mengontrol pola makan Anda. (ikh)

Baca juga artikel agar badan Anda cepat langsing di Ingin Langsing Tanpa Tinggalkan Lemak? Coba Diet "Ketofastosis"

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan