Jangan Salah, ini Nih Ucapan Hari Kemerdekaan yang Benar Pastikan ucapan kemerdekaan sudah benar. (foto: bkdcilacap)

MENJELANG perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, berbagai spanduk berisikan ucapan dipasang di berbagai sudut. Mulai dari tingkat RT hingga instansi pemerintah. Hampir semua memasang spanduk yang berisikan ucapan selamat hari kemerdekaan. Hal itu pun makin semarak dengan riuhnya media sosial. Dunia maya pun tak luput dari kemeriahan untuk mengucapkan selamat hari kemerdekaan.

Namun sayang, meski sudah 74 tahun merdeka, warga Indonesia masih saja ada yang keliru saat melontarkan ataupun menuliskan ucapan selamat hari kemerdekaan. Berikut beberapa ucapan kemerdekaan yang keliru.

BACA JUGA: Adu Keras Pemuda Radikal Versus Sukarno-Hatta

1. Selamat Ulang Tahun RI Ke-73

Berbahasa yang benar dan baik cermin nasionalisme. (foto: nowbali.co.id)

Ucapan yang ini paling sering kita dengar. Meskipun demikian, ada yang salah dengan frasa 'RI ke-73'. Frasa tersebut menunjukkan bahwa yang tengah merayakan ulang tahun ialah RI yang ke-73. Itu berarti ada 73 buah Republik Indonesia. Padahal, Republik Indonesia ya cuma satu kan?

Yang benar:

Biar masuk akal dan benar, ucapan yang tepat ialah 'selamat ulang tahun ke-73 Republik Indonesia'.


2. Dirgahayu RI Ke-74

dirgahayu RI
Dirgahayu berarti 'panjang umur'. (foto: Instagram @laberryonlinestore)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan lema 'dirgahayu' dengan 'berumur panjang (biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya)'.

Yang benar:

Dalam penggunaannya, kata 'dirgahayu' hanya diikuti nama yang berulang tahun, tanpa angka umur. Sebagai contoh: 'dirgahayu Republik Indonesia'. Frasa tersebut bermakna, 'panjang umur untuk Republik Indonesia'. Penulisan lain untuk ucapan dengan kata 'dirgahayu', ialah 'dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia'.


3. Selamat Hari Kemerdekaan Ke-74 Tahun

kemerdekaan RI
Bukan 74, melainkan hanya 1 hari kemerdekaan. (foto: Instagram @binky.id)

Secara de facto, Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan de facto Indonesia ditandai dengan pembacaan proklamasi oleh Sukarno. Sejak saat itu, bangsa Indonesia mengenal tanggal 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi secara logika, Indonesia hanya punya 1 hari kemerdekaan, alih-alih 74.

Yang benar:

Kamu bisa mengganti ucapan itu dengan 'selamat memeringati ulang tahun ke-74 kemerdekaan RI'.

Ayo, ucapan yang kamu buat sudah benar belum? Pastikan ucapan dan tulisan kamu sudah benar ya. Berbahasa Indonesia yang benar dan baik merupakan salah satu wujud nasionalisme juga loh. (dwi)

BACA JUGA: Merancang Proklamasi di Rumah Petinggi Militer Jepang



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH