Kesehatan

Jangan Salah Cara, Aturan Diet Ketat ini Perlu Kamu Ketahui

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 24 Juni 2019
Jangan Salah Cara, Aturan Diet Ketat ini Perlu Kamu Ketahui
DIet ketat bisa enggak menyehatkan kalau salah caranya (Foto: Pexels/Ella Olsson)

DIET ketat memang dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Namun, diet ketat enggak dianjurkan dilakukan dalam jangka waktu panjang. Karena metode menurunkan berat badan yang paling baik ialah dengan cara bertahap.

Meskipun begitu, diet ketat terkadang diperlukan. Terutama untuk acara tertentu. Seperti menjelang hari pernikahan. Kamu hanya memiliki waktu singkat untuk memiliki tubuh ideal.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan diet ketat. Supaya diet kamu enggak membahayakan dan tetap sehat. Ini kiat-kiatnya menurut laman Alodokter.

1. Biasakan sarapan pagi

Sarapan pagi sangat penting saat diet (Foto: Pexels/Krisztina Papp)

Diet bukan berarti kamu enggak sarapan. Diet ketat tetap menganjurkan kamu untuk sarapan pagi. Sebab dengan enggak melewatkan jam sarapan pagi perut kamu tak akan mudah lapar di siang harinya.

2. Batas asupan karbohidrat

Karbohidrat kompleks bikin kamu cepat kenyang (Foto: Pexels/kaboompics.com)

Penting membatasi asupan karbohidrat saat diet ketat. Konsumsilah karbohidrat kompleks karena lambat dicerna. Sehingga bikin kamu kenyang dalam waktu lama.

Karbohidrat kompleks juga sangat bernutrisi. Contoh karbohidrat kompleks di antaranya jagung, roti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga labu.

3. Konsumsi aneka jenis makanan

Perbanyak konsumsi sayuran dan makanan sehat lainnya (Foto: Pexels/Pixabay)

Saat diet ketat, konsumsilah makanan bervariasi dengan gizi seimbang. Kamu perlu juga membatasi asupan garam dan gula. Perbanyak konsumsi sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak.

Baca juga:

Deretan Makanan Sehat yang Harus Ada Dalam Menu Diet di Tahun 2019

4. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar (Foto: Pexels/Pixabay)

Minum air putih sebanyak-banyaknya. Terutama sebelum makan supaya rasa lapar berkurang dan bikin kamu cepat kenyang. Selain menurunkan berat badan. Sebuah penelitian juga mengungkapkan air putih dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

5. Rutin berolahraga

Rutinlah berolahraga 30 menit sehari (Foto: Pexels/John Seldon)

Percuma diet kalau kamu enggak berolahraga. Olahraga dapat membuat diet kamu semakin sempurna. Rutinlah berolahraga 30 menit sehari. Selain itu, jangan lupa tidur yang cukup juga ya di malam hari. (ikh)

#Diet #Tips Kesehatan #Menu Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan