Jangan Remehkan Influencer dengan Follower Sedikit! Micro-influencer. (Foto: Pixabay)

MEMANFAATKAN influencer sebagai corong berjualan masih menjadi strategi pemasaran jenius. Meski tidak mengenal kepribadiannya, konsumen yang menjadi follower biasanya percaya pada opini influencer.

Opini influencer sudah seperti opini dari keluarga atau sahabat yang biasanya memang dapat dipercaya. Dahulu merek kerap memakai influencer yang jumlah followernya banyak. Sekarang, mereka sudah melirik influencer yang jumlah followernya 1.000 hingga 10.000. Influencer seperti ini dikenal dengan istilah micro-influencer.

Micro-influencer ini akan membuat postingan sesuai kesepakatan dengan merek dan menandai akun merek yang ada di foto. Ketika dia menandai atau tag merek, artinya mereka tengah mempromosikan merek di laman Instagram.

Experticity pernah meriset efektivitas micro-influencers. Mereka terbukti efektif sebagai corong pemasaran yang menyampaikan informasi tentang produk. Efektivitasnya 22,2 kali dibanding pengguna.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencari micro-influencer yang tepat untuk merek Anda? Pertama, cek apakah mereka rutin posting di media sosial? Konsistensi merupakan kunci utama. Anda direkomendasikan memilih micro-influencer yang setidaknya ada satu postingan per hari di Facebook, satu atau dua post di Instagram dan 15 kicauan di Twitter.

Tengok foto-foto mereka. Apakah banyak follower asli yang menyukai dan mengomentari foto mereka. Apakah fans menandai teman-temannya dalam komen? Apakah pengguna meminta informasi tentang produk yang ia tawarkan di foto? Apakah micro-influencer merespon pertanyaan-pertanyaan follower? Jika ya, Anda patut memakai jasa mereka karena kepiawaian mereka berinteraksi dengan audiens.

Periksa pula apakah micro-influencer yang akan dipilih sesuai dengan citra merek produk Anda. Jika ingin memasarkan jus, memakai jasa fitness blogger masih masuk akal.

Untuk efektivitas pemasaran menggunakan jasa micro-influencer, kebanyakan perusahaan memakai 30 micro-influencer. (*)

Dapatkan juga artikel terbaru lain di sini.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH