Kesehatan
Jangan Ragu Tunda Kehamilan dengan IUD Banyak orang bingung tentang cara kerja IUD, yang menyebabkan munculnya beberapa mitos. (unsplash.com/@rhsupplies)

ALAT kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau sistem intrauterin (IUS), yang juga dikenal sebagai intrauterine device (IUD), adalah sepotong plastik kecil berbentuk T yang dimasukkan ke rahim untuk membantu mencegah kehamilan. Banyak orang bingung tentang cara kerja IUD. Hal itulah yang kemudian menyebabkan munculnya beberapa mitos.

IUD bekerja dengan menghentikan sperma membuahi sel telur dan mencegah sel telur yang telah dibuahi tertanam di dalam rahim. "Namun, terlepas dari kemanjuran IUD, masih banyak informasi yang salah yang beredar tentang bentuk pengendalian kelahiran ini," kata Dr Danielle Jones, seorang obgyn yang berbasis di Austin, Texas, AS, kepada SheKnows. “Banyak hal di bidang ginekologi dan kehamilan menjadi sasaran misinformasi, termasuk IUD,” kata Jones.

BACA JUGA:

Ketahui 4 Tahapan Quarter Life Crisis

“Beberapa dari mitos ini merupakan kebenaran yang tersisa dari versi IUD sebelumnya yang telah berkembang menjadi model yang kita gunakan saat ini. IUD merupakan bentuk kontrasepsi yang saya rekomendasikan kepada pasien saya yang mencari pilihan jangka panjang untuk pencegahan kehamilan,” imbuhnya.

Bergantung pada apa yang kamu cari dalam pengendalian kelahiran, IUD dapat menjadi pilihan. Namun, untuk mengetahuinya, kita perlu meluruskan beberapa mitos IUD terlebih dahulu.

Mitos #1: IUD Menyebabkan Infertilitas

IUD
Perempuan yang melepas IUD harus mendiskusikan dengan dokter mereka tentang kontrasepsi alternatif. (freepik.com/serhii_bobyk)

Salah satu mitos umum yang didengar Jones seputar IUD ialah bahwa alat kontrasepsi ini menyebabkan infertilitas. Faktanya, IUD merupakan bentuk kontrasepsi yang tidak permanen dan perempuan dapat hamil segera setelah IUD dilepas.

Itulah mengapa perempuan yang melepas AKDR-nya harus mendiskusikan dengan dokter mereka tentang kontrasepsi alternatif jika mereka tidak ingin hamil karena metode baru mungkin perlu dimulai setidaknya 7 hari sebelum AKDR dilepas untuk mencegah kehamilan.

Mitos #2: IUD Bersifat Permanen

IUD
IUD merupakan bentuk pengendalian kelahiran tidak permanen dan dapat dilepas jika ingin hamil. (unsplash.com/@rhsupplies)

Mitos umum lainnya yang terkait dengan IUD ialah bahwa itu permanen, artinya jika kamu menggunakannya tidak dapat hamil. Namun, nyatanya IUD ialah bentuk pengendalian kelahiran tidak permanen yang disetujui untuk perempuan yang sudah memiliki anak dan perempuan yang belum melahirkan tapi masih mau memiliki anak.

IUD dapat bertahan selama bertahun-tahun (hingga 3 hingga 10 tahun tergantung pada jenisnya). Namun, jika kamu ingin melepasnya, dokter atau perawat dapat melakukannya. Ingatlah bahwa alat kontrasepsi itu harus dilepas setelah durasi penggunaan produk yang disetujui habis.

Mitos #3: IUD Dapat Menyakiti Pasangan

IUD
Jika kamu atau pasangan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks, bicarakan dengan dokter. (freepik.com/tirachardz)

IUD ditempatkan di dalam rahim, bukan di vagina, jadi pasanganmu tidak dapat merasakannya. Demikian menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists. Dalam beberapa kasus, pasanganmu mungkin merasakan benangnya. Jika itu terjadi, atau jika kamu atau pasangan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan untuk memeriksa apakah IUD telah berpindah atau perlu diganti.

Selain itu, orang dengan IUD tidak boleh merasakan bagian plastik dari IUD. Meskipun normal untuk merasakan benang dengan jari (disarankan agar kamu mengecek posisi benang setiap bulan untuk memeriksa apakah AKDR berada pada posisi yang tepat), jika kamu merasakan lebih dari sekedar benang atau tidak dapat merasakan benang sama sekali, IUD mungkin telah pindah dan kamu harus konsultasi dengan dokter.

Dalam hal itu, IUD mungkin tidak berada pada posisi yang tepat dan mungkin tidak mencegah kehamilan, jadi sebaiknya gunakan kontrasepsi cadangan nonhormonal seperti kondom sampai dokter dapat memeriksa bahwa IUD masih berada di tempat yang tepat.

Mitos #4: IUD Tidak Efektif

IUD
Kontrasepsi terbaik sangat individual, tapi IUD memiliki tingkat kemanjuran 99 persen. (unsplash.com/@rhsupplies)

“Banyak orang dapat menggunakan IUD dengan aman. Usia atau berapa banyak anak yang kamu miliki biasanya bukan merupakan faktor pembatas. IUD adalah salah satu metode pengendalian kelahiran yang paling efektif untuk mencegah kehamilan dan telah direkomendasikan sebagai pilihan bagi siapa saja dengan periode yang membutuhkan kontrasepsi yang efektif,” kata Jones.

Dikatakan demikian, tingkat kemanjuran IUD lebih dari 99 persen untuk mencegah kehamilan. Itu sebagian karena fakta bahwa alat kontrasepsi tersebut ditempatkan di rahim oleh penyedia layanan kesehatan, jadi tidak ada rutinitas harian, seperti mengingat untuk minum pil. Namun, ada kebutuhan untuk merasakan benang setiap bulan untuk memeriksa apakah AKDR masih pada posisinya.

"Orang-orang selalu bertanya kepada saya, 'Bentuk kontrasepsi apa yang terbaik?' atau 'Apa yang Anda rekomendasikan?' dan jawabannya sederhana: Ini sangat individual," dia menegaskan.

“Yang terbaik untukmu belum tentu yang terbaik untukku. Apa yang terbaik untuk pasien saya hari ini mungkin bukan yang terbaik untuk pasien baru besok. Yang paling penting saya Mengetahui bahwa ada banyak pilihan kontrasepsi dan salah satunya mungkin cocok, jadi jika kamu mempertimbangkan kembali metode yang digunakan saat ini, datang dan berbicaralah dengan kami! Tenaga kesehatan akan membantumu membuat keputusan yang tepat,” tutup Jones.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Butuh Inovasi Out of The Box untuk Pulihkan Pariwisata
Fun
Butuh Inovasi Out of The Box untuk Pulihkan Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki multiplier effect terbesar dalam roda perekonomian Indonesia.

Sahabatmu Adalah Soulmatemu, Ini Tanda-Tandanya
Fun
Sahabatmu Adalah Soulmatemu, Ini Tanda-Tandanya

Ada tanda-tanda bahwa sahabatmu adalah soulmate-mu atau belahan jiwamu.

Prada Rayakan Sejarah Perempuan di Milan Fashion Week
Fashion
Prada Rayakan Sejarah Perempuan di Milan Fashion Week

Peragaan ini berlangsung pada hari kedua Milan Fashion Week.

Solar Sail akan Kejar Asteroid 2020 GE
Fun
Solar Sail akan Kejar Asteroid 2020 GE

Pesawat ruang angkasa yang menggunakan layar untuk mengejar asteroid seukuran bus.

Cari Warna Pakaian Terbaik Sesuai Warna Kulit
Fashion
Cari Warna Pakaian Terbaik Sesuai Warna Kulit

Warna pakaian bikin kamu makin percaya diri.

3 Lagu Tulus Ajak Manusia Mendamaikan Diri
Hiburan & Gaya Hidup
3 Lagu Tulus Ajak Manusia Mendamaikan Diri

Album Manusia menjadi album kelima Tulus.

Perjalanan Katarsis BAP. Tertuang dalam Album ‘Momo’s Mysterious Skin’
ShowBiz
Perjalanan Katarsis BAP. Tertuang dalam Album ‘Momo’s Mysterious Skin’

Ke-12 lagu di album ini ditulis, diproduksi, dan direkam sendiri selama pandemi.

Resmi Diluncurkan, New Wuling Cortez Gunakan Fitur Canggih
Hiburan & Gaya Hidup
Resmi Diluncurkan, New Wuling Cortez Gunakan Fitur Canggih

New Wuling Cortez resmi diperkenalkan dengan tambahan fitur canggih, yaitu WIND dan IoV. Fitur tersebut dapat menjalankan perintah berbahasa Indonesia.

Sukses, NASA Luncurkan Teleskop Revolusioner James Webb
Hiburan & Gaya Hidup
Sukses, NASA Luncurkan Teleskop Revolusioner James Webb

Menandakan misi observatorium ilmu luar angkasa terbesar dan paling kompleks di dunia.