Jangan Ragu Makan Mentimun, Manfaatnya Banyak Mentimun menyimpan nutrisi yang baik untuk tubuh. (foto: pixabay/stevepb)

SAAT melihat mentimun, kamu mungkin membayangkan kesegaran. Meskipun demikian, masih banyak kabar miring seputar manfaat mentimun. Itulah yang bikin banyak orang enggak mengonsumsi mentimun.

Padahal, mengonsumsi mentimun secara teratur bisa memberi manfaat bagi tubuh. Mulai dari menghindari kekurangan nutrisi dan menurunkan risiko penyakit kronis. Mentimun terdiri dari 95% air, vitamin B, C dan K, tembaga, potasium serta mangan.

Dengan kandungan nutrisi yang sedemikian, seperti dilansir Boldsky, mentimun punya berbagai manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi setiap hari.


1. Mengurangi stres

eat
Mentimun kaya vitamin B kompleks yang merelaksasi sistem saraf. (foto: pixabay/sponchia)


Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin-vitamin itu bekerja sama dalam merelaksasi sistem saraf dan membantu meredakan serangan panik dan kecemasan yang disebabkan stres.

2. Meningkatkan kesehatan otak

adult
Flavonoid dalam mentimun meningkatkan kesehatan otak. (foto: pixabay/publicdomainpictures)


Mentimun mengandung flavonoid antiinflamasi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid membantu meningkatkan konektivitas neuron kamu sehingga meningkatkan kemampuan kognitif. Hal itu tidak hanya membantu menjaga memori, tetapi juga melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

3. Menyembuhkan tukak lambung

abdominal pain
Sifat mendinginkan mentimun membantu menyembuhkan maag. (foto: pixabay/derneumann)


Saat maag datang, mentimun memiliki sifat mendinginkan. Alkalinitas mentimun membantu menyembuhkan tukak lambung. Dua gelas jus mentimun setiap hari dapat menyembuhkan masalah yang ada pada lambung.

4. Mengatur tekanan darah

blood pressure
Mentimun baik untuk menjaga tekanan darah. (foto: pixabay/rawpixel)


Mentimun dipenuhi serat, kalium, dan magnesium. Mentimun terkenal sangat membantu dalam menjaga tekanan darah. Baik itu tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.

5. Melindungi kesehatan jantung

heart
Kalium dalam mentimun membantu merawat fungsi jantung. (foto: pixabay/jarmoluk)


Mentimun mengandung kalium dalam kadar tinggi yang sangat berguna untuk mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi seluler. Hal itu juga membantu dalam merawat sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. Kandungan serat mentimun membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.

6. Menghilangkan racun

cucumbers
Karena kaya air, mentimun baik untuk mengatasi dehidrasi. (foto: pixabay/congerdesign)

Mentimun kaya akan air. Hal itu menjadikannya obat alami untuk mengatasi dehidrasi atau kelelahan. Demikian juga properti nutrisi dari mentimun yang bermanfaat menghilangkan racun yang tidak diinginkan yang ada dalam tubuhmu.

7. Meningkatkan kesehatan ginjal

zucchini
Konsumsi teratur mentimun baik untuk menurunkan kadar asam urat. (foto: pixabay/congerdesign)


Salah satu manfaat utama lain dari mengonsumsi mentimun secara teratur ialah membantu menurunkan kadar asam urat dalam sistem tubuh sehingga menjaga kesehatan ginjal. Mentimun juga dianggap sebagai obat alami untuk membersihkan ginjal, karena membersihkan puing-puing dan melarutkan batu ginjal kecil.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH