Jangan Pernah Lakukan Tantangan Menghirup Kondom! Condom Snorting Challange bisa berujung kematian (Foto: pixabay)

ADA-ada saja memang tren yang beredar di kalangan anak remaja. Di Amerika ada tren baru dikalangan anak muda dengan melakukan sebuah tantangan. Bisa dibilang terlalu tidak waras tantangan tersebut. Pasalnya tantangan itu mengharuskan seseorang menghisap sebuah kondom melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut.

Condom Snorting Challange sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun silam. Akan tetapi, baru-baru ini tantangan ini kembali viral di sosial media. Kebanyakan dari mereka memposting video tersebut dengan durasi kurang lebih satu menit melalui kanal YouTube, demikian diberitakan Fox News, (3/4).

Entah apa yang ada di pikiran mereka. Sejauh ini mereka yang sudah mencobanya berhasil melalui tantangan tersebut. Akan tetapi tentunya tantangan itu memiliki risiko tinggi bagi kesehatan, hingga bisa saja menyebabkan kematian.

Menimbulkan rasa sakit luar biasa

(Foto: pixabay)

Anggap saja Anda sudah berhasil melakukannya. Dengan mulus kondom akan masuk melalui hidung dan keluar dari mulut. Namun, rasa sakit yang Anda rasakan tidak sepadan dengan viewers yang melihat video Anda bukan? Bahkan akan menyebabkan penyakit sinus kambuh bagi penderitanya. Hidung pun akan menjadi iritasi.

"Bahkan jika Anda berhasil menarik kondom keluar melalui mulut Anda, menghirup kondom hingga hidung Anda akan sangat tidak nyaman dan berpotensi sangat menyakitkan"Apakah itu benar-benar layak untuk mendapatkan lebih banyak like dan view?," Papar Bruce Y. Lee, profesor kesehatan Internasional di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, di kolom untuk Forbes.

Menimbulkan reaksi alergi

(Foto: pixabay)

Sejatinya hidung hanya digunakan untuk menghirup oksigen dan sebagi indera penciuman manusia. Apapun yang masuk melalui hidung selain oksigen akan menimbulkan reaksi alergi pada hidung.

"Apapun yang naik ke hidung seseorang dapat merusak lapisan dalam hidung Anda yang sensitif, menyebabkan reaksi alergi, atau mengakibatkan infeksi,” tegas Lee.

Menyebabkan kematian

(Foto: pixabay)

Akan konyol rasanya jika Anda mati gara-gara melakukan tantangan ini. sangat besar kemungkinannya kondom akan tersangkut dalam hidung atau tenggorokan saat mencobanya. Hasilnya jalur pernapasan akan terhalang dan menimbulkan rasa tercekik. Bisa saja berujung kematian jika tidak ditangani secepatnya.

"Kondom bisa dengan mudah terjebak di hidung atau tenggorokan Anda, menghalangi pernapasan Anda atau menyebabkan Anda tersedak," tambahnya.

Sahabat Merah Putih, jangan pernah coba-coba melakukan tantangan ini ya. Lebih baik melakukan hal yang lebih bermanfaat. Viewers dan yang me-like video Anda tidak sepadan dengan berharganya kesehatan dan nyawa Anda. Semoga saja remaja Indonesia tidak tertular tren gila itu. (Ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH