Evakuasi Darurat dari Pesawat, Selamatkan Diri Bukan Tas! Lupakan barang bawaan saat melakukan evakuasi darurat (Foto: Pexels/Sourav Mishra)

KAMU enggak akan pernah tahu hal darurat apa yang terjadi saat melakukan penerbangan. Contohnya musibah yang terjadi pada penerbangan Aeroflot 1492 pada Mei 2019 lalu di Moskow, yang menewaskan 41 orang.

Dalam insiden tersebut, sambaran petir memaksa pilot melakukan pendaratan darurat. Pesawat terbakar tetapi masih utuh. Para penumpang pun diperintahkan untuk melakukan evakuasi darurat.

Namun, peneliti kejadian tersebut menemukan sebuah alasan mengapa banyak penumpang tewas saat itu. Seharusnya masih banyak penumpang yang bisa selamat dari insiden tersebut. Menurut para peneliti, penyebab banyak penumpang tewas karena proses evakuasi yang enggak lancar.

Penghambat evakuasi tersebut rupanya karena banyak penumpang yang terlalu memikirkan barang bawaan mereka. Ketimbang nyawa mereka. Akhirnya proses evakuasi jadi tersendat. Intinya, apapun barang berharga yang ada di tas kamu, enggak sepadan dengan nyawa kamu.

Barang bawaan kamu enggak sepadan dengan nyawa kamu (Foto: Pexels/rawpixel.com)

"Evakuasi mungkin diperlambat oleh penumpang yang mengambil tas mereka. Video menunjukkan penumpang membawa tas jinjing mereka saat keluar dari pesawat, "kata Asosiasi Petugas Penerbangan dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir dari Smarter Travel.

Baca juga:

Supaya Bugar, Inilah Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Konsumsi Sebelum Melakukan Penerbangan

Kebanyakan penumpang lebih menghargai barang berharga mereka. Seperti gawai, paspor, hingga uang yang ada di dalam tas. Padahal, barang-baran tersebut masih bisa diganti di kemudian hari.

Sementara itu, Federal Aviation Administration (FAA) juga menyarankan agar penumpang pesawat melupakan barang bawaan saat evakuasi darurat. Sebab, demi keamanan, evakuasi darurat harus dilakukan dalam hitungan kurang dari dua menit.

Cari pintu darurat terdekat dari kursi penumpang saat evakuasi darurat (Foto: Pexels/Slyzyy)

"Bagasi Anda tidak sebanding dengan hidup Anda. Penumpang diharapkan untuk mengevakuasi pesawat terbang dalam waktu 90 detik. Anda tidak punya waktu untuk mengambil barang bawaan atau barang pribadi Anda," saran FAA.

Adapun saat evakuasi darurat, kamu hanya perlu melakukan tiga hal. Pertama, cari pintu darurat terdekat dari kursi kamu. Kemudian, dengarkan dengan seksama instruksi dari awak kabin. Terakhir, ya itu tadi, lupakan barang bawaan kamu ya. Selamatkan nyawa kamu terlebih dahulu.(ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH