Jangan Pernah Disepelekan, 4 Kondisi ini Bisa Membuat Kamu Jatuh Pingsan Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang jatuh pingsan (Foto: newhealthadvisor.com)

TIDAK ada penyebab yang jelas namun tubuh kamu tiba-tiba merasakan pusing dan kemudian jatuh pingsan. Hal tersebut tentunya sangat membuat bingung bagi yang mengalaminya.

Pertama perlu kamu kenali dulu hal apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pingsan. Pingsan adalah kondisi hilangnya kesadaran dalam waktu yang singkat karena otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Jatuh pingsan bukanlah masalah kesehatan yang serius, namun juga tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Pingsan yang sering terjadi juga harus kamu waspadai. Melansir beberapa laman kesehatan, berikut ini merupakan beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan seseorang jatuh pingsan.

1. Tekanan darah turun tiba-tiba

Jangan Pernah Disepelekan, 4 Kondisi ini Bisa Membuat Kamu Jatuh Pingsan
Tekanan darah rendah berisiko tinggi jatuh pingsan (Foto: pixabay/allinonemovie)

Orang yang memiliki tekanan darah yang terlalu rendah sangat berisiko mengalami pingsan. Pasalnya kondisi ini membuat dorongan darah ke dinding arteri melemah dan membuat kamu merasakan lelah atau pusing.

Biasanya, hipotensi atau kondisi tekanan darah terlalu rendah disebabkan oleh adanya gangguan sirkulasi, infeksi pada aliran darah, serta gangguan endokrin.

2. Masalah pada jantung

Jangan Pernah Disepelekan, 4 Kondisi ini Bisa Membuat Kamu Jatuh Pingsan
Masalah pada jantung bisa berisiko kehilangan kesadaran (Foto: pixabay/geralt)

Artimia, Stenosis, dan juga tekanan darah tinggi merupakan berbagai masalah pada jantung yang bisa menjadi penyebab mengapa kamu sering mengalami pingsan.

Berbagai permasalahan pada jantung kamu bisa menurunkan suplai darah dan juga oksigen ke otak. Akibatnya, kamu akan kehilang kesadaran.

3. Dehidrasi

Jangan Pernah Disepelekan, 4 Kondisi ini Bisa Membuat Kamu Jatuh Pingsan
Kurang air di dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab pingsan (Foto: pixabay/rawpixel)

Dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh yang hilang lebih dari yang kamu minum. Ketika air yang hilang terlalu banyak, maka organ, sel, dan jaringan gagal berfungsi sebagaimana harusnya.

Tidak hanya itu, tekanan darah pun akan menjadi menurun dan tidak stabil. Sehingga tubuh menghasilkan lebih sedikit darah dan oksigen yang disalurkan khusus ke otak. Akibatnya, secara tiba-tiba kamu bisa kehilangan kesadaran.

4. Sangat lapar

Jangan Pernah Disepelekan, 4 Kondisi ini Bisa Membuat Kamu Jatuh Pingsan
Kurang asupan makanan berisiko kehilangan kesadaran (Foto: pixabay/mohamaed_hassan)

Dalam beberapa hal orang tidak menyadari bahwa perutnya sudah sangat kosong dan membutuhkan asupan tenaga. Kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika mereka yang terlalu sibuk sehingga lupa melewatkan jam makannya.

Kondisi sangat lapar ini bisa saja membuat kamu pingsan. hal tersebut diakibatkan karena tubuh kekurangan bahan bakar atau energi yang dibutuhkan untuk otak bekerja. (gsh)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH