Jangan Percaya, Adegan Film ini Ternyata Hampir tak Mungkin Ada di Dunia Nyata Ilustrasi. (Foto: pixabay)

ADEGAN pria kolaps di tengah sesi bercinta dalam drama TV atau film mungkin amat familier buat Anda. Percayalah, adegan itu nyaris tak mungkin terjadi di dunia nyata.

Setidaknya demikianlah temuan peneliti dalam sebuah studi yang dipresentasikan pada American Heart Association's Scientific Sessions 2017, Minggu (12/11).

Cardiac arrest (henti jantung) adalah keadaan saat terjadi 'korsleting' dalam sistem elektrik jantung. Hal itu mengakibatkan jantung berhenti bekerja.

"Di AS, jumlah rata-rata yag selamat dari henti jantung hanya 10% atau kurang," ujar Dr Sumeet Chugh, penulis senior studi tersebut yang juga profesor obat-obatan di Cedars-Sinai Heart Institute, Los Angeles.

Untuk studi tersebut, Chugh dan koleganya meniliti catatan kesehatan seumur hidup korban henti jantung di Oregon sejak 2002 hingga 2015.

Chugh mewawancarai paramedis untuk mencari tahu apa yang terjadi saat korban meninggal akibat henti jantung.

"Kami belajar dari paramedis. Mereka memberi tahu kami siapa yang meninggal akibat henti jantung. Dari sana, kami menelusuri catatan kesehatan mereka sejak lahir," ujarnya.

Jika memungkinkan, Chugh dan timnya akan mewawancarai penyintas henti jantung.

Dari 4.557 kasus henti jantung yang terjadi selama masa yang ditentukan, hanya ada 34 kasus atau 0,7% henti jantung yang terjadi saat bercinta atau setelah bercinta. Dari 34 kasus itu, 32 korban ialah pria.

Selain itu, temuan itu menyebut hanya 1% kasus henti jantung pada pria yang dipicu aktivitas seksual, sementara pada perempuan hanya 0,1%.

Hasil studi awal itu tentunya memberikan jawaban yang menyenangkan bagi penderita penyakit jantung. Selama ini mereka lah yang paling waswas untuk melakukan aktivitas seksual. Mengingat adanya ketakutan mengalami henti jantung.

"Secara umum, amat jarang aktivitas bercinta menjadi pemicu henti jantung secara tiba-tiba," ujar Chugh.

Meskipun demikian, ia tetap menyarankan pasangan untuk melakukan resusitasi jantung dan paru-paru jika henti jantung terjadi saat sesi bercinta.

"Pertolongan dengan resusitasi jantung dan paru-paru mungkin menyelamatkan hidup," ujarnya. (*)

Baca juga Mengandung Feromon, Seledri Berpengaruh Kayak Viagra



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH